41 Narapidana Diamankan Pasca-Kerusuhan Lapas Tuminting Manado

Puteranegara Batubara, Okezone · Senin 13 April 2020 06:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 13 337 2198122 41-narapidana-diamankan-pasca-kerusuhan-lapas-tuminting-manado-RHe1Czrhl1.jpg Lapas Tuminting pasca-kerusuhan (foto: Okezone.com/Subhan Sabu)

JAKARTA - Direktur Keamanan dan Ketertiban Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Tejo Harwanto menyebut bahwa sebanyak 41 narapidana Lembaga Pemasyarakatan Tuminting, Manado, Sulawesi Utara telah diamankan ke Polda Sulawesi Utara.

Pasalnya, mereka diduga terlibat dalam kerusuhan di dalam Lapas yang terjadi pada Sabtu 11 April 2020. Dari jumlah tersebut, sebanyak 18 narapidana kasus narkoba diduga sebagai provokator kerusuhan.

"Telah diamankan sebanyak 41 narapidana termasuk 18 orang para provokator terjadinya kerusuhan, kesemuanya narapidana kasus narkoba," kata Tejo dalam keterangan pers yang diterima Okezone, Jakarta, Senin (13/4/2020).

 Lapas

Menurut Tejo, para narapidana yang nantinya disinyalkt terlibat kerusuhan itu, akan diproses hukum dan dijatuhi sanksi. Para Narapidana yang menjadi inisiator kerusuhan bakal dipindahkan ke Nusakambangan.

"Mereka akan diperiksa dan diselidiki lebih lanjut," ujar Tejo.

Sementara itu, pasca-kerusuhan kondisi lapas saat ini berangsur kondusif. Namun, akibat kerusuhan tersebut, sejumlah fasilitas di area Lapas mengalami kerusakan dan terbakar.

Sejumlah fasilitas yang rusak dan terbakar itu di antaranya, Blok hunian narapidana yaitu Blok D, Blok E dan Blok F yang diperuntukkan untuk Mapenaling (masa pengenalan lingkungan), narapidana Tipikor (Tindak pidana tipikor) dan narapidana Narkoba, Poliklinik,Kantin dan Bengkel Kerja.

Sedangkan Blok HUnian A, B dan C, gedung perkantoran, dapur serta ruang registrasi relatif masih dalam kondisi baik.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini