Gunung Anak Krakatau Mulai 'Menjinak', Dampak Erupsi Hanya Radius 2 Kilometer

Arie Dwi Satrio, Okezone · Sabtu 11 April 2020 15:46 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 11 337 2197641 gunung-anak-krakatau-mulai-menjinak-dampak-erupsi-hanya-radius-2-kilometer-QGu92d8B0Z.jpg Gunung Anak Krakatau (Dok. Susi Air)

JAKARTA - Kepala Bidang Mitigasi Gunung Api dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian ESDM, Hendra Gunawan memastikan bahwa aktivitas Gunung Anak Krakatau sudah mulai mereda. Gunung Anak Krakatau terpantau menjinak pada siang tadi.

PVMBG memastikan tidak ada dampak yang signifikan akibat erupsi Gunung Anak Krakatau. Dampak akibat erupsi Gunung Anak Krakatau pada malam tadi, hanya dirasakan di radius 2 kilometer.

"Dampak erupsi gunung anak krakatau masih dibawah 2 kilometer. Dampaknya di tubuh gunung aja," kata Hendra saat dihubungi Okezone, Sabtu (11/4/2020).

Dijelaskan Hendra, erupsi Gunung Anak Krakatau tidak sampai berdampak ke daratan Pulau Sumatera dan Jawa. Kata dia, kalaupun ada dampaknya, mungkin hanya abu yang terbawa angin.

"Kalau lava di radius 2 kilometer. Tidak sampai ke Lampung ataupun Banten. Tapi kalau ada abu paling hanya terbawa angin," terangnya.

Sekadar informasi, Gunung Anak Krakatau erupsi atau kembali meletus pada Jumat, 10 April 2020 pukul 21.58 WIB hingga 22.35 WIB. Erupsi tersebut dipastikan BMKG, tidak memicu adanya gelombang tsunami.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini