nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pandemi Covid-19, Perusahaan Pers Harus Bertanggung Jawab atas Keselamatan Wartawan

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Jum'at 10 April 2020 15:03 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 04 10 337 2197234 pandemi-covid-19-perusahaan-pers-harus-bertanggung-jawab-atas-keselamatan-wartawan-lLuiNaxKG6.jpg Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid (Foto: Okezone)

JAKARTA - Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid menyatakan bahwa di tengah pandemi Covid-19 atau virus corona yang terjadi saat ini, perusahaan pers harus bertanggung jawab untuk memastikan keselamatan dan kesehatan para wartawannya.

Meutya menjelaskan, pimpinan perusahaan media harus memastikan protokol kesehatan berupa physical distancing atau jaga jarak aman diterapkan ke wartawan dalam melakukan kerja-kerja jurnalistiknya di situasi seperti ini.

"Kepada perusahaan pers agar berperan bertanggung jawab untuk mengedukasi para wartawannya untuk melakukan physical distancing untuk keamanan bersama," kata Meutya dalam jumpa pers di Gedung Graha BNPB, Jakarta, Jumat (10/4/2020).

Baca Juga: Revisi Libur & Cuti Bersama, Pemerintah Imbau Masyarakat Tidak Mudik 

Meutya yang mengomandoi lingkup komunikasi dan informatika itu juga mengimbau kepada awak media agar bisa menerapkan kedisiplinan diri dalam melakukan peliputan di masa pagebluk virus corona.

jurnalis foto okezone

"Terutama peliputan Covid-19 agar terus menjaga jarak aman," ujar Politikus Partai Golkar itu.

Kerja jurnalistik yang paling tepat dalam situasi pandemi Covid-19 untuk wartawan saat ini, kata Meutya adalah melakukan penulisan berita melalui media live streaming.

Menurutnya, dengan bekerja dari rumah atau work from home (WFH), itu merupakan bagian dari para wartawan turut serta memutus mata rantai penyebaran virus yang menyerang saluran pernapasan tersebut.

"Selama tidak bertugas bisa melakukan pelaporan yang memungkinkan di rumah saja. Ikut juga mendukung kebijakan yang bisa mengamankan diri dari keluarga, teman-teman wartawan sendiri," papar Meutya.

Selain perusahaan, Meutya juga meminta gugus tugas menjamin keselamatan dan kehidupan dari para insan pers di Indonesia. "Peran wartawan amat sangat penting. Dan dititipkan juga kepada kepala Gugus tugas untuk memperhatikan wartawan," tutup Meutya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini