Aktivitas Gereja Ditiadakan karena Covid-19, Ibadah Paskah Digelar di Rumah

Puteranegara Batubara, Okezone · Jum'at 10 April 2020 11:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 10 337 2197122 aktivitas-gereja-ditiadakan-karena-covid-19-ibadah-paskah-digelar-di-rumah-qlM2WUT5dF.jpg Gereja Katedral di Jakarta Pusat (Okezone)

JAKARTA - Plt Direktur Urusan Agama Katolik Kementerian Agama (Kemenag) RI, FX Rudy Andrianto menyatakan seluruh aktivitas peribadatan di gereja ditiadakan karena pandemi Covid-19 atau virus corona, termasuk ibadah Jumat Agung Pekan Suci Paskah 2020.

Rudy mengimbau kepada umat Katolik di Indonesia untuk tidak mengadakan kegiatan keagamaan secara berkumpul.

"Menyikapi perkembangan Covid-19 dari Ditjen Bimas Katolik Kemenag dan pihak gereja sepakat bahwa kita meniadakan semua kegiatan keagamaan kegerejaan yang bersifat mengumpulkan umat," kata Rudy dalam jumpa pers di Gedung Graha BNPB, Jakarta, Jumat (10/4/2020).

Menurut Rudy, imbauan tersebut termasuk pelaksanaan ibadah saat rangkaian Misa Pekan Suci dan Paskah yang dirayakan oleh umat Nasrani.

 Ilustrasi

Ilustrasi telur Paskah

Rudy meminta umat Katolik tidak menghadiri misa secara langsung di gereja. Melainkan mengikutinyamelalui tayangan yang disiarkan secara online, TV dan radio pemerintah.

"Dengan catatan bahwa kita masih bisa merayakan di Gereja Katedral, di paroki dengan cara yang sederhana tanpa kehadiran umat. Untuk itu kita akan memberikan pencerahan ataupun misa melalui online, live streaming Youtube, TVRI, RRI, dan sebagainya," papar Rudy.

Baca juga: Curhat Umat Katolik saat Paskah Tanpa Perayaan karena Pandemi Covid-19

Disisi lain, Rudy juga mengimbau seluruh umat Katolik untuk tetap berada di rumah selama masa Paskah ini. Rudy meminta umat Katolik mendoakan agar bangsa Indonesia segera lepas dari wabah virus corona.

"Untuk itu di masa paskah ini, kita tetap berdoa dan menerima permasalahan Covid-19 ini dengan tetap di rumah. Berdoa saling mendoakan saling memperkuat sehingga kita bisa cepat lepas dari kondisi ini," tutup Rudy.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini