Selain Corona, Pemerintah Minta Masyarakat Waspadai DBD

Puteranegara Batubara, Okezone · Kamis 09 April 2020 16:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 09 337 2196771 selain-corona-pemerintah-minta-masyarakat-diminta-waspadai-dbd-9Qtos25VgC.jpg Juru Bicara Pemerintah Khusus Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto. (Foto : BNPB)

JAKARTA – Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto, meminta warga untuk menerapkan gerakan berantas sarang nyamuk demam berdarah dengue (DBD) saat memasuki musim pancaroba di Indonesia.

Ia meminta masyarakat menggunakan waktu work from home (WFH) untuk hal-hal produktif, seperti membersihkan rumah untuk mencegah adanya jentik nyamuk DBD. Di samping itu, tetap melakukan antisipasi terhadap penyakit Covid-19.

"Ini pancaroba waspadai DBD. Hal ini diwaspadai di samping penyebaran Covid-19, maka harus sama-sama laksanakan gerakan berantas sarang nyamuk, mari terapkan di rumah masing-masing," kata Yurianto dalam jumpa pers di Gedung Graha BNPB, Jakarta, Kamis (9/4/2020).

Yurianto meminta warga tetap menjaga kesehatan dari segala macam penyakit, meskipun saat ini Indonesia sedang fokus memberangus penyebaran virus corona.

Ilustrasi

"Tetapi mari kita antisipasi kemugkinan DBD saat pancaroba, sama-sama sinergi berbasis keluarga jalankan dua-duanya. Insya Allah kita tetap sehat," ujar Yurianto.

Dalam menghadapi pandemi corona, Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan (Kemenkes) itu mengingatkan imunitas dan stamina manusia harus tetap prima dan terjaga.

Baca Juga : Pasien Sembuh Covid-19 di Indonesia Bertambah Jadi 252 Orang

"Berikutnya, harus waspadai betul yang sehat harus tetap sehat, yang sakit dirawat sampai sembuh. Kita jaga stamina kita dengan asupan gizi dipenuhi," tutur Yurianto.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini