nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

DPR Bentuk Satgas Lawan Covid-19, Sambungkan Pengusaha Lokal Bantu RS

Muhamad Rizky, Jurnalis · Kamis 09 April 2020 14:24 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 04 09 337 2196664 dpr-bentuk-satgas-lawan-covid-19-sambungkan-pengusaha-lokal-bantu-rs-xZNdKUxUHC.jpg ilustrasi

JAKARTA - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI membentuk 'Satgas Lawan Covid-19' untuk membantu pemerintah dalam mempercepat penanganan wabah corona di Indonesia.

Wakil Ketua DPR RI sekaligus Koordinator Satgas Lawan Covid-19 Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, Satgas ini dibentuk oleh anggota DPR lintas fraksi dan akan bertangjawab langsung kepada Ketua DPR RI Puan Maharani.

"Tujuan Satgas ini adalah menyambungkan pengusaha lokal untuk membantu kebutuhan rumah sakit atau puskesmas di daerah," kata Dasco dalam siaran langsung, Kamis (8/4/2020).

Dasco menjelaskan, mekanisme kerja Satgas ini sendiri melalui website satgaslawancovid19.com yang mana website tersebut terintegrasi dengan 682 rumah sakit yang telah dirujuk pemerintah dan puskesmas yang ada didaerah.

Setiap rumah sakit dan puskesmas nantinya bisa mengajukan permintaan alat kesehatan untuk memenuhi kebutuhannya selama tiga bulan. "Mereka bisa mengisi formulir yang terintegrasi dengan aplikasi Kemenkes untuk kebutuhan minimal untuk 3 bulan kedepan," tuturnya.

Adapun para pengusaha lokal atau daerah yang akan membantu rumah sakit atau puskesmas tersebut nantinya bisa melihat langsung apa saja kebutuhan alat kesehatan yang kurang.

Namun, kata Dasco, bantuan yang diterima Satgas Lawan Covid-19 ini tidak bisa dilakukan secara uang tunai. Melainkan harus berbentuk barang alat kesehatan. "Sebagai cacatatan Satgas ini tidak menerima bantuan dalam bentuk uang tetapi sumbangan dalam bentuk alat kesehatan yang akan didistirbusi ke rumah sakit rujukan dan puskesmas," tambahnya.

Baca Juga : Gubernur Non-aktif Kepri Divonis 4 Tahun Penjara Karena Terima Suap & Gratifikasi

Dasco juga memastikan setiap bantuan yang akan diberikan ke rumah sakit atau puskesmas akan dipantau oleh Satgas di daerah sehingga tepat sasaran. Ia menambahkan, pembentukan satgas ini sendiri tidak menggunakan anggaran DPR RI, melainkan menggunakan iuran dari para anggota dewan.

"Pembentukan Satgas ini tidak menggunakan anggaran dari DPR RU tetapi memakai anggaran iuran dari anggota DPR serta anggota DPR RI akan gotong royong bantu menyumbang di daerah masing-masing melalui Satgas Lawan Covid-19," tandasnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini