nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

KontraS: Glenn Fredly Musisi yang Berpihak pada Kemanusian dan HAM

Fahreza Rizky, Jurnalis · Kamis 09 April 2020 11:38 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 04 09 337 2196552 kontras-glenn-freddly-musisi-yang-berpihak-pada-kemanusian-dan-ham-T8RITiHy7H.jpg Glenn Fredly (Instagram @glennfredly309)

JAKARTA - Koordinator Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS), Yati Andriyani berduka atas wafatnya musisi Glenn Fredly. Menurut Yati, Glenn merupakan figur yang peduli terhadap isu kemanusiaan dan hak asasi manusia (HAM).

"Bagi kami di KontraS, Glenn Fredly adalah sosok musisi yang sangat jelas keberpihakannya dan kontribusinya pada kemanusiaan dan hak asasi manusia," ucap Yati kepada Okezone, Kamis (9/4/2020).

Yati mengungkapkan, Glenn Fredly bersama sejumlah musisi lainnya terlibat dalam kampanye dan advokasi yang dilakukan KontraS. Pelantun lagu 'Kasih Putih' itu juga pernah menjadi narasumber dalam Sekolah HAM KontraS (SeHAMA).

"Glenn menjadi salah satu seniman yang mengisi SeHAMA melalui musik dan pandanganya tentang pentingnya keterlibatan anak muda dan masyarakat dalam promosi atau menyuarakan hak asasi manusia apapun latar belakangnya," tuturnya.

 Obituari

Dikatakan Yati, Glen juga pernah memberikan dukungan dalam penuntasan kasus Munir yang masih diingkari negara sampai saat ini. Ia terlibat dalam kegiatan tagih janji pemerintah dalam menuntaskan kasus ini.

"Termasuk hadir dalam siaran pers mengenai peresmian Munirpad dan berpartisipasi saat Omah Munir didirikan," imbuh Yati.

Dalam kasus penghilangan paksa 1997/1998, Glenn memberikan dukungannya kepada orang tua korban yang terus menantikan kepastian nasib anak mereka.

Dengan sukarela dan suka hati ia bersama KontraS mengunjungi orang tua Bimo Petrus di Malang, Ucok Munandar Siahan di Depok untuk menunjukan dukungannya kepada keluarga korban.

"Untuk Indonesia Timur, Glenn memberikan perhatian luar biasa melalui keterlibatannya dalam kampanye perdamaian dan HAM untuk Indonesia Timur (Voice of the East/Vote) bersama KontraS dan berbagai organisasi lainnya. Ia terlibat dalam kampanye pembebasan tahanan politik Papua dan Maluku," tuturnya.

Selain itu, Glenn juga memberikan dukungan untuk pembebasan aktivis yang ditangkap karena terlibat dalam gerakan aksi September lalu.

"Bersama dengan masyarakat sipil lainnya Glenn Freddly juga memberikan dukungan untuk perlindungan hak atas kebebasan beribadah di Gereja Yasmin yang ditutup secara paksa. Juga kampanye perdamaian di Ambon, Maluku," jelas Yati.

KontraS memberi penghargaan dan penghormatan yang tinggi pada Glenn Freddly. Keberpihakan dan kesetiannya pada hak asasi manusia adalah rahmat (kasih tulus) yang diberikannya untuk kemanusiaan.

"Semoga itu menjadi kebaikan yang abadi untuknya dan semua cita-cita kemanusiaan, keadilan di negeri ini. Selamat jalan Glen Freddly, dari kami di KontraS," tutup Yati.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini