nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

15 Ribu Spesimen Dites PCR Cek Corona

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Rabu 08 April 2020 17:10 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 04 08 337 2196225 15-ribu-spesimen-dites-pcr-cek-corona-3lCwWoyFSA.jfif Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto. (BNPB)

JAKARTA – Pemerintah Indonesia menyatakan sampai hari ini sudah 15.000 spesimen yang menjalani pemeriksaan lewat tes Polymerase Chain Reaction (PCR).

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto menjelaskan, tes PCR tersebut untuk orang yang sudah menjalani pemeriksaan ulang dan hasilnya dinyatakan positif corona serta mengalami klinis semakin berat.

"Sampai hari ini kami laksanakan lebih dari 15 ribu. Ketersediaan reagan sudah 200 ribu, tes PCR kami tes untuk tegakkan diagnosis dari mekanisme screening yang terarah. Oleh karena itu, kami tidak akan screening dengan PCR. Screening yang kami lakukan adalah dengan rapid test," kata Yurianto dalam jumpa pers di Gedung Graha BNPB, Jakarta, Rabu (8/4/2020).

Ia menuturkan, persentase PCR dari pemeriksaan dilakukan relatif tinggi.

"Karena PCR tidak dilakukan metode acak, tapi terpilih dan terstruktur dimulai dari awal," ujar Yurianto.

Selanjutnya, kata Yurianto, tahapan yang terakhir, adalah dengan isolasi rumah sakit. Hal itu jika isolasi mandiri tak bisa dilakukan, adanya gejala klinis yang membutuhkan pelayanan di rumah sakit.

Baca Juga : Pemerintah: Stok APD Masih Lebih dari 500 Ribu untuk Penanganan Covid-19

"Strategi ini kami lakukan dalam rangka, mengefektifkan, mengefisienkan, dan tepat sasaran para saat menggunaakan penggunaan sumber daya yang kami miliki, ini langkah kami dan konsisten terus-menerus," tutur Yurianto.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini