nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kemenag Terus Persiapkan Ibadah Haji sebelum Ada Pembatalan Resmi

Muhamad Rizky, Jurnalis · Rabu 08 April 2020 16:51 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 04 08 337 2196209 kemenag-terus-persiapkan-ibadah-haji-sebelum-ada-pembatalan-resmi-VgciHt7hCh.jpg Ilustrasi ibadah haji

JAKARTA - Menteri Agama (Menag) RI Fachrul Razi mengatakan, hingga saat ini pihaknya masih melakukan persiapan ibadah haji. Menurutnya sejauh ini belum ada kebijakan resmi dari pemerinrah Arab Saudi terkait pembatalan haji ditengah wabah corona ayau covid-19.

"Sepanjang belum ada pemberitahuan secara resmi kepada pemerinatah RI tentang pembatalan haji maka Kemenag tetap melakukan persiapan sesuai jadwal seperti biasa dengan beberapa penyesuaian akibat Covid-19," kata Fachrul saat rapat virtual dengan Komisi VIII, Rabu (8/4/2020).

Fachrul menjelaskan, sejauh ini pihaknya telah menyiapkan sejumlah skenario apabila pembatalan haji dilakukan oleh pemerintah Arab Saudi. Namun demikian persiapan keberangkatan juga disiapkan.

Adapun saat ini terkait persiapan ibadah haji sendiri terjadi penyesuaian seperti pelaksanaan panitia penyelenggara ibdah haji (PPIH) yang dilakukan tanpa tatap muka, penundaan pelatihan petugas haji, kemudian pelaksanaan pelatihan petugas dan manasik haji yang dilakukan secara online.

"Manasik haji dilakukan secara online dengan menyampaikan buku manasik lebih awal," tuturnya.

Baca Juga : Menkominfo: Polisi Proses 77 Kasus Hoaks Covid-19, 12 Orang Ditahan

Selain itu kata Fachrul, pihaknya juga melakukan, penundaan pelaksanaan pembayaran kontrak dengan sejumlah barang dan jasa baik didalam maupun luar negerim

"Baik penyedia barang dan jasa pelayanan haji di dalam negeri atau di Arab Saudi," tuturnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini