Share

Kemenkominfo Luncurkan Aplikasi Pantau Pergerakan Pasien Covid-19

Puteranegara Batubara, Okezone · Rabu 08 April 2020 15:09 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 08 337 2196129 kemenkominfo-luncurkan-aplikasi-pantau-pergerakan-pasien-covid-19-E67gkhEeBF.jpg Foto: Illustrasi Okezone.com

JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate mengungkapkan bahwa saat ini, pihaknya telah meluncurkan aplikasi bernama Peduli-Lindungi yang berfungsi untuk memantau pergerakan pasien corona.

Plate menjelaskan, alat itu bisa memantau seluruh pasien yang telah dinyatakan positif, maupun Orang Dalam Pengawasan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP) hingga Orang Tanpa Gejala (OTG).

"Sehingga kelihatan yang mana dan kemana saja pergerakan virus melalui data-data dari para pasien, atau yang sudah terdaftar di dalam sistem," kata Plate dalam jumpa pers di Gedung Graha BNPB, Jakarta, Rabu (8/4/2020).

 Korban Covid-19

Plate meminta masyarakat untuk mengunduh dan menginstal aplikasi ini untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona.

Aplikasi ini akan memberikan informasi secara real time keberadaan orang yang terjangkiti corona. Sehingga masyarakat bisa menghindari, sehingga tidak tertular.

"Dengan demikian masyarakat akan diberikan informasi, real time secara langsung. Bahwa disekitar mereka dalam jarak dua sampai lima meter berpotensi adanya virus, karena adanya carier virus disekitar mereka. Oleh karena itu mereka bisa segera menghindar darinya," papar Plate.

Aplikasi ini telah tersedia di Play Store untuk pengguna Android. Sementara bagi pengguna Iphone, Johnny mengatakan pihaknya sedang berkomunikasi dengan Apple agar aplikasi ini bisa digunakan di perangkat IOS.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini