RS Rujukan Covid-19 di Jakarta Bakal Tambah Jumlah Tempat Tidur

Puteranegara Batubara, Okezone · Rabu 08 April 2020 11:52 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 08 337 2195955 rs-rujukan-covid-19-di-jakarta-bakal-tambah-jumlah-tempat-tidur-R8V17kEqj9.JPG Direktur RSUP Persahabatan, Rita Rogayah (Foto: YouTube BNPB)

JAKARTA - Rumah sakit yang menjadi rujukan bagi pasien virus corona (Covid-19) atau virus corona di DKI Jakarta berencana akan menambah jumlah kapasitas tempat tidur pada pertengahan bulan April mendatang.

Direktur Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan, Rita Rogayah mengungkapkan bahwa hal itu disepakati setelah pihak RS rujukan bertemu dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI. Setidaknya, tempat tidur pasien Covid-19 setelah ditambah nantinya berjumlah 837 tempat tidur.

"Kemarin kami sudah mengadakan dengan pertemuan dengan Dinas Kesehatan DKI dalam waktu dekat sampai tanggal 15 April ini ditingkatkan menjadi 837 tempat tidur, sehingga kemampuan kami setiap saat kami usahakan menjadi meningkat dengan harapan semua yang membutuhkan kasus rujukan bisa kami tangani," kata Rita dalam jumpa pers via live streaming di Gedung Graha BNPB, Jakarta, Rabu (8/4/2020).

Menurut Rita, penambahan pasien tersebut akan dikategorikan dengan istilah Triase. Yakni, pasien dalam keadaan gejala ringan, sedang dan berat.

"Itu yang akan kami tingkatkan untuk menerima pasien-pasien melalui Triase," ujar Rita.

Ke depannya, kata Rita, RSUP Persahabatan akan sangat membutuhkan ruangan dan tempat tidur bagi pasien yang kategori berat. Mengingat, pasien itu akan ditempatkan dalam Ruang ICU atau isolasi. 

Infografis COVID-19

"Rumah Sakit Persahabatan dengan SDM yang ada saat ini, kami akan meningkatkan ruangan ICU maksimal 16 tempat tidur," tutur Rita.

Namun, menurut Rita, RSUP Persahabatan nantinya juga akan didukung oleh rumah sakit rujukan Covid-19 lainnya dalam menangani pasien corona.

"Tapi nanti akan didukung oleh rumah sakit rumah sakit lainnya di sekitar DKI dan mungkin kami akan mengingatkan lagi kapasitas untuk isinya bisa meningkat menjadi lebih dari 100 tempat tidur," tutupnya.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini