RSUP Persahabatan Akan Perluas Ruang ICU untuk Pasien Covid-19

Puteranegara Batubara, Okezone · Rabu 08 April 2020 11:14 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 04 08 337 2195923 rsup-persahabatan-akan-perluas-ruang-icu-untuk-pasien-covid-19-gZ0D3F1iYW.jpg Ilustrasi (Okezone)

JAKARTA - Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan, Jakarta Timur akan memperluas kapasitas ruangan ICU untuk menangani pasien Covid-19 atau virus corona dalam kategori sedang dengan gejala dan berat.

Direktur RSUP Persahabatan Rita Rogayah menjelaskan perluasan itu dilakukan lantara dalam satu hari pihaknya bisa menerima sebanyak 60 sampai 80 pasien rujukan terkait Covid-19 atau virus corona.

"Seperti diketahui Rumah Sakit Persahabatan awal pertamanya kami hanya menyiapkan 24 tempat tidur ruangan isolasi. Tapi dengan kondisi seperti ini kami sudah melakukan perlu atas perluasan bertahap sampai saat ini sudah bisa menampung 100 tempat tidur mudah-mudahan dengan SDM yang ada rumah sakit Persahabatan kami bisa meningkatkan sampai 100 tempat tidur," kata Rita dalam jumpa pers live streaming di Gedung Graha BNPB, Jakarta, Rabu (8/4/2020).

 Virus corona

Meskipun begitu, Rita menuturkan bahwa, dalam penanganan pasien corona, ruangan isolasi sangat dibutuhkan oleh setiap rumah sakit. Namun, menurutnya, tidak semua pasien harus ditangani dalam ruangan isolasi tersebut.

"Untuk itu mari kita bersama-sama menjaga supaya kita semua ini setelah diketahui positif kita harus segera berobat dan kita tentukan bagaimana kita ke fasilitas kesehatan tersebut rumah sakit rujukan siap menangani kasus-kasus dengan kondisi sedang atau berat," tutur Rita.

Selain itu, RSUP Persahabatan kini juga telah menyiapkan Poli bagi pasien berstatus Orang Dalam Pengawasan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

"Dalam pemeriksaan poli ODP ini tidak semua pasien itu akan dirawat maka kami akan seleksi mana pasien yang indikasi dirawat indikasi rawat dibagi menjadi kasus ringan kasus berat dan ringan sedang sehingga kalau kita menemukan dari poli ODP kasus ringan kami akan merujuk ke Wisma Atlet," tutup Rita.

(sal)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini