nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Eks Komisioner KPK Ungkap Sosok yang Layak Jabat Deputi Penindakan

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Selasa 07 April 2020 19:25 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 04 07 337 2195688 eks-komisioner-kpk-ungkap-sosok-yang-layak-jabat-deputi-penindakan-R3dx5xybmU.jpg Mantan Komisioner KPK Indriyanto Seno Adji (Foto: Okezone)

JAKARTA - Sebanyak tiga jenderal Polri lolos tahapan akhir seleksi calon deputi penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Ketiganya yakni, Wakapolda DI Yogyakarta, Brigjen Karyoto; Kadiklat Reserse Lemdiklat Polri, Brigjen Agus Nugroho; serta Wakapolda Sumatera Selatan, Brigjen Rudi Setiawan.

Mantan Komisioner KPK, Indriyanto Seno Adji, angkat bicara soal sosok ketiga jenderal polisi yang bakal menjabat deputi penindakan. Menurut Indriyanto, Ketiganya layak untuk ke tahap selanjutnya dan dinilai punya kemampuan serta kapabilitas untuk menduduki kursi deputi penindakan KPK.

"Ketiga nama itu memang memiliki kemampuan dan kredibilitas yang baik," kata Indriyanto saat dikonfirmasi awak media, Selasa (7/4/2020).

 KPK

Kendati semua sosok tersebut layak, Indriyanto yang juga pakar hukum pidana ini menyoroti sosok Brigjen Karyoto. Ia mengaku mengenal sosok Jenderal bintang satu tersebut karena pernah menjadi Kasatgas bidang penyidik KPK di tahun 2007, silam.

Baca Juga: Para Petinggi Polisi Berebut Kursi Jabatan di KPK 

Indriyanto berpandangan sosok Brigjen Karyoto adalah salah satu penyidik terbaik dari satgas terbaik di tubuh lembaga antirasuah pada saat itu.

"Saat keberadaan Karyoto di KPK, memang beliau salah satu penyidik dari satgas yang terbaik, integritas dan kapabilitasnya menjadi atensi kelembagaan," ucapnya.

Selain itu, kemampuan Brigjen Karyoto dalam menangani kasus juga dinilai Indriyanto cukup baik kala menjadi penyidik KPK. Tak hanya itu, ia menilai Karyoto punya hubungan baik dengan satu tim satgas sehingga bila terpilih sebagai Deputi Penindakan KPK akan lebih mudah dalam koordinasi.

"Kerjasama antar tim maupun antara satgas tim juga menunjukan kemampuan menangani kasus-kasus penindakan dengan prediktabelitas yang cukup penuhi sasaran," ujarnya.

Indriyanto berharap pemilihan Deputi Penindakan KPK bisa segera diputus agar prosedur penanganan bisa lebih baik dengan adanya pimpinan. "Semoga memang jabatan deputi penindakan dapat segera terisi agar semua prosedual pro justitia dapat diselesaikan segera di KPK," ucapnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini