nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Para Petinggi Polisi Berebut Kursi Jabatan di KPK

Arie Dwi Satrio, Okezone · Selasa 07 April 2020 15:32 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 04 07 337 2195521 para-petinggi-polisi-berebut-kursi-jabatan-di-kpk-0C00KOGLMV.JPG Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri (Foto: Okezone.com/Arie Dwi Satrio)

JAKARTA - Sejumlah petinggi polisi mengikuti tahapan tes untuk mengisi kekosongan jabatan di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Setelah beberapa waktu lalu para jenderal polisi bersaing untuk memperebutkan kursi deputi penindakan, kini ada dua jabatan kosong yang kembali diperebutkan. Dua jabatan itu yakni kepala biro (kabiro) hukum dan direktur penyelidikan KPK.

Dari dua jabatan kosong tersebut, ada beberapa nama petinggi Polri yang ikut seleksi. Satu nama petinggi Polri yang ikut seleksi sebagai calon kabiro hukum KPK yakni, Irbid Jemen SDM 1 Itwil 2 Itwarsum Polri, Kombes Anwar Efendi. Anwar Effendi sebelumnya sempat menjabat sebagai Kapolrestabes Makassar.

Anwar Efendi bersaing dengan tiga calon kabiro hukum lainnya yakni, Jaksa Fungsional pada Bidang Pembinaan Kejaksaan Agung (Kejagung) yang saat ini diperbantukan pada KPK, Ahmad Burhanudin; Fungsional Utama Birkum KPK, Indra Mantong Batti; serta Plt Karo Hukum atau Kabag Litigasi dan Non Litigasi KPK, Efi Laela Kholis.

Keempatnya telah sampai di ujung tahapan untuk menjadi kabiro hukum KPK. Mereka telah melakukan tes wawancara dan penyampaian visi-misi, pada hari ini. Nantinya, satu dari empat kandidat itu akan dipilih sebagai kabiro hukum KPK yang saat ini masih kosong.

"KPK melakukan tes wawancara dan penyampaian visi misi pemberantasan korupsi terhadap para kandidat calon Kepala Biro Hukum KPK yang sebelumnya telah lolos tes uji kompetensi dan assessment tersebut," kata Plt Jubir KPK, Ali Fikri melalui pesan singkatnya di Jakarta, Selasa (7/4/2020).

Ilustrasi

Tak hanya kabiro hukum, dua petinggi Polri juga ikut seleksi sebagai calon direktur penyelidikan KPK. Keduanya yakni, Widyaiswara Muda Sespimti Polri, Kombes H Nazirwan Adji Wibowo serta Kasubdit II Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri, Kombes Endar Priantoro.

Dua perwira Polri tersebut bersaing ketat dengan calon dari intenal KPK. Adapun, internal KPK yang ikut berebut kursi deputi penyelidikan yakni, Plt Direktur Penyelidikan KPK, Iguh Sipurba dan Kasatgas XIII Direktorat Penyidikan KPK, Afief Yulian Mitach.

Keempat calon tersebut telah dilakukan tes wawancara serta penyampaian visi-misi pada Senin, 6 April 2020, kemarin. "Pada Senin, 6 April 2020, KPK telah melakukan tes wawancara dan penyampaian visi misi para kandidat calon Direktur Penyelidikan KPK," terang Ali

Sebelum sampai pada tahapan akhir yakni tes wawancara, dibeberkan Ali, para kandidat tersebut telah mengikuti tes uji kompetensi dan assessment yang dilakukan oleh pihak ketiga yang independen dan profesional.

"Tes wawancara dan penyampaian visi misi pemberantasan korupsi dilakukan langsung oleh Pimpinan, Sekjen dan Karo SDM KPK terhadap seluruh kandidat yang mengikuti seleksi 4 jabatan struktural, yaitu: Deputi Penindakan, Deputi INDA, Direktur Penyelidikan, dan Karo Hukum," imbuhnya.

KPK meminta agar ada peran aktif dari masyarakat untuk mengawal proses seleksi calon pejabat struktural di lembaga antirasuah. Masyarakat diminta agar memberi masukan terkait rekam jejak para kandidat yang mengikuti seleksi jabatan struktural di KPK itu.

"KPK mengharapkan peran aktif masyarakat untuk mengawal dan memberikan masukan mengenai rekam jejak para kandidat dari 4 (empat) jabatan struktural di KPK tersebut sehingga nantinya terpilih pejabat struktural yang berintegritas dan profesional," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini