nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jadi Ketua MA, Syarifuddin Diminta Tingkatkan Integritas dan Mutu Pelayanan Peradilan

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Selasa 07 April 2020 06:50 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 04 07 337 2195205 jadi-ketua-ma-syarifuddin-diminta-tingkatkan-integritas-dan-mutu-pelayanan-peradilan-T2FOnR7Ys3.jpg Masinton Pasaribu (Okezone)

JAKARTA - Muhammad Syarifuddin terpilih menjadi Ketua Mahkamah Agung (MA) menggantikan Hatta Ali. Anggota Komisi III DPR RI Masinton Pasaribu berharap Syarifuddin bisa membawa pembaruan guna meningkatkan transparansi dan integritas lembaga peradilan.

"Semoga Ketua MA yang baru terpilih konsisten dan berkesinambungan melaksanakan pembaruan peradilan demi meningkatkan transparansi, integritas dan akuntabilitas lembaga peradilan serta meningkatkan kualitas pelayanan peradilan yang cepat bagi masyarakat," kata Masinton kepada Okezone, Selasa (7/4/2020).

 Baca juga: Profil Ketua MA Terpilih Muhammad Syarifuddin

Ia berharap, Syarifuddin bisa memberikan peningkatan fasilitas untuk hakim-hakim yang bertugas di Pengadilan Negeri seluruh Indonesia. "Misalnya pembangunan dan renovasi rumah jabatan hakim di berbagai daerah yang kondisinya sangat memprihatinkan," tuturnya.

 mahkamah agung

Menurut politikus PDPI itu, postur penganggaran di Mahkamah Agung harus terus diperbaiki. Pasalnya, menurut dia, selama ini anggaran terbesar hanya pada fasilitas pengadaan untuk pejabat di Mahkamah Agung.

"Sementara, anggaran untuk fasilitas hakim yang bertugas di daerah sangat minim," imbuhnya.

Masinton mengatakan, Syarifuddin harus mampu menjadikan Mahkamah Agung sebagai benteng terakhir pencari keadilan.

"Sebagai pengadilan negara tertinggi, Mahkamah Agung merupakan pengadilan kasasi yang bertugas membina keseragaman dalam penerapan hukum melalui putusan kasasi dan peninjauan kembali, menjaga agar semua hukum dan undang-undang di seluruh wilayah negara RI diterapkan secara adil, tepat dan benar," tandasnya.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini