nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pandemi Covid-19, Doni Monardo: PSBB Tidak Boleh Menimbulkan Perbedaan

Fahreza Rizky, Jurnalis · Senin 06 April 2020 13:24 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 04 06 337 2194832 pandemi-covid-19-doni-monardo-psbb-tidak-boleh-menimbulkan-perbedaan-yOiDW1glNf.jpg Kepala Gugus Tugas Penanganan Covid-19, Doni Monardo (foto: ist)

JAKARTA - Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), diatur dengan baik sehingga tidak ada perbedaan pandangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

"Kemudian juga disusun sejumlah protokol yang dapat menjadi acuan panduan bagi daerah, dalam melaksanakan PSBB, intinya daerah dalam melakukan PSBB tidak boleh menimbulkan perbedaan dengan daerah lainnya," kata Doni saat rapat terbatas dengan Presiden Jokowi yang disiarkan secara daring, Senin (6/4/2020).

Lalu, sambung dia, PSBB tersebut tidak menimbulkan perbedaan termasuk juga bertentangan dengan kebijakan nasional, termasuk juga kemudahan-kemudahan akses masih tetap diberikan kepada aktivitas masyarakat dengan memperhatikan social disancing dan physical distancing.

"Kemudian juga dalam beberapa hal kemungkinan akan ada penegakan hukum dari aparat yang berwenang, namun demikian kita sangat berharap bahwa pendekatannya adalah pendekatan kedisiplinan, pendekatannya adalah pendekatan kesadaran kolektif untuk bisa memahami kenapa pemerintah melakukan berbagai macam hal untuk melakukan pembatasan terhadap kegiatan masyarakat," pungkasnya.

Untuk diketahui, PSBB adalah pembatasan kegiatan tertentu penduduk dalam suatu wilayah yang diduga terinfeksi Covid-19 sedemikian rupa untuk mencegah kemungkinan penyebaran Covid-19. Implementasi PSBB antara lain peliburan sekolah dan tempat kerja; pembatasan kegiatan keagamaan; dan pembatasan moda transportasi.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini