nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

DPR Setuju dengan Imbauan Pemerintah agar Masyarakat Selalu Gunakan Masker

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Senin 06 April 2020 13:12 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 04 06 337 2194821 dpr-setuju-dengan-imbauan-pemerintah-agar-masyarakat-selalu-gunakan-masker-qGqOHdBRXC.jpg Masyarakat menggunakan masker untuk mencegah persebaran virus corona. (Foto: Dok Okezone/Arif Julianto)

JAKARTA – Pemerintah telah memberikan imbauan agar masyarakat selalu menggunakan masker saat bepergian ke luar rumah di tengah situasi pandemi corona virus disease atau covid-19. Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) pun sepakat dengan imbauan tersebut.

Merespons hal itu, anggota Komisi IX DPR RI Kurniasih Mufida menyatakan sepakat dengan usulan penggunaan masker untuk semua orang. Apalagi situasi sekarang banyak orang tanpa gejala (OTG) yang terinfeksi virus corona.

"Saya setuju masyarakat diminta pakai masker, karena situasinya sekarang sudah banyak OTG yang bisa jadi ada di sekitar kita," kata Mufida kepada wartawan, Senin (6/4/2020).

Ia mengatakan, penggunaan masker akan lebih baik sebagai upaya pencegahan virus corona. Namun, dia mengingatkan pemerintah untuk mengecek ketersediaan dan mengimbau para penjual masker tidak menaikkan harganya.

"Masyarakat ekonomi lemah tidak akan sanggup membelinya. Pemerintah harus memberikan masker gratis kepada masyarakat yang enggak mampu membeli," tutur dia.

Lebih lanjut ia mengklaim sejak awal Maret pihaknya sudah memberikan usul kepada pemerintah agar memberi imbauan kepada masyarakat selalu mengenakan masker sebagai upaya pencegahan virus corona.

"Sejak awal Maret kita minta ada imbauan pakai masker. Alhamdulillah usulan kami akhirnya dilaksanakan oleh pemerintah," tutupnya.

Sebagaimana diwartakan, Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengajak semua pihak menggunakan masker bila bepergian ke luar rumah di tengah pandemi virus corona.

Hal itu sesuai anjuran Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk mencegah persebaran virus corona.

"Berdasarkan rekomendasi WHO, kita jalankan masker untuk semua. Semua harus gunakan masker," kata Yuri dalam konferensi pers di Kantor BNPB, Minggu 5 April 2020.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini