nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kemendes: 4.556 Desa Sudah Miliki Relawan Desa Tanggap Covid-19

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Minggu 05 April 2020 11:16 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 04 05 337 2194368 kemendes-4-556-desa-sudah-miliki-relawan-desa-tanggap-covid-19-MPLGtSM9AH.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Kepala Balilatfo Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Sri Haryanto mengatakan, 4.556 desa telah memiliki Relawan Desa Tanggap Covid-19.

"Dari data kami, dari 74.953 desa sudah hampir 4.556 desa sudah mempunyai relawan desa tanggap Covid-19,” kata Eko dalam siaran langsung yang ditayangkan BNPB, Minggu (5/4/2020).

Menurut Eko, Relawan Desa Tanggap Covid-19 dipimpin oleh kepala desa sebagai ketua relawannya, dan wakilnya adalah Badan Permusyawaratan Desa.

Mereka mempunyai tugas-tugas, mulai dari melaksanakan kegiatan gotong royong yang harus melibatkan semua pihak termasuk dari masyarakat desa sendiri.

Infografis Okezone

"Tugas-tugas di antaranya adalah harus mulai mengerjakan sesuai prinsip tugas dengan relawan desa, prinsipnya adalah melaksanakan kegiatan aktivitas dengan gotong royong, harus melibatkan semua pihak termasuk masyarakat desa sendiri," jelas Eko.

Baca juga: Perintah Anies, Mulai 12 April Penumpang Tanpa Masker Dilarang Naik Transportasi Umum

Eko merincikan, tugas dari Relawan Desa Tanggap Covid-19 mulai dari bekerja sama dengan rumah sakit rujukan atau puskesmas setempat. Kemudian menempatkan ODP ke ruang isolasi yang telah disiapkan.

"Menyiapkan logistik bagi ODP selama berada di ruang isolasi," tuturnya.

Relawan Desa Tanggap Covid-19 juga mempunyai tugas melaporkan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) ke Puskesmas atau Gugus Tugas Covid-19 di Kabupaten.

"Serta menghubungi petugas medis Gugus Tugas, karena relawan desa harus taat kepada protokol dengan kebijakan yang ada di kabupaten. Itu menjadi kunci," tutupnya.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini