Pemerintah Serahkan Perppu Penerapan Keuangan Negara ke DPR

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Kamis 02 April 2020 17:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 02 337 2193099 pemerintah-serahkan-perppu-penerapan-keuangan-negara-ke-dpr-Ytup6CWCmQ.jpg foto: istimewa

JAKARTA - Pemerintah yang diwakilkan oleh Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani, dan Menteri Hukum dan HAM (Menkum HAM), Yasonna Laoly menyerahkan Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2020, tentang Kebijakan Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Penyerahan berlangsung di Kompleks Parlemen, Senayan, Kamis (2/4/2020) dengan diterima langsung oleh Ketua DPR Puan Maharani, Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin, dan Rachmat Gobel.

Menurut Puan, pihaknya telah berdiskusi bersama-sama dengan perwakilan pemerintah guna menyamakan persepsi menghadapi pandemi virus corona atau Covid-19.

“Tadi kami sudah rapat atau berdiskusi bersama, rapat konsultasi dengan pemerintah untuk bisa menyamakan sikap untuk bersatu dalam menghadapi wabah Corona, termasuk bagaimana mencari formula fiskal dan sistem keuangan dalam menangani dampak sosial, ekonomi dan bidang strategis lainnya,” kata Puan.

Menurut Puan, pimpinan DPR dalam Rapat Paripurna 30 Maret yang lalu telah mengingatkan pemerintah agar di dalam Perppu 1/2020 itu, dapat dipastikan ada perubahan APBN 2020 untuk mengakomodir program-program yang bersentuhan langsung, dengan ketahanan sosial ekonomi masyarakat akibat dampak wabah Covid-19.

“Pemerintah harus melakukan penanganan wabah Corona di bidang kesehatan, menjaga ketahanan pangan, menjaga ketahanan energi, memberikan perlindungan social, memberikan stimulus perekonomian dan UMKM, serta berbagai program intervensi strategis lainnya,” tutur dia.

Selain itu, Puan menuturkan Perppu tersebut akan segera dibahas di DPR sesuai dengan mekanisme yang ada melalui Alat Kelengkapan Dewan.

“DPR melalui Alat Kelengkapan Dewan akan membahas Perppu tersebut untuk kemudian diputuskan dalam Rapat Paripurna,” jelas Puan.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini