Relawan Desa Covid-19 Diminta Inventaris Lansia hingga Balita

Puteranegara Batubara, Okezone · Selasa 31 Maret 2020 12:54 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 31 337 2191716 relawan-desa-covid-19-diminta-inventaris-lansia-hingga-balita-DOohazDtWI.jfif Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan, Pendidikan dan Pelatihan, dan Informasi Kemendes PDTT, Eko Sri Haryanto. (Ist)

JAKARTA – Relawan desa tanggap Covid-19 atau virus corona diminta menginventarisasi data para warga lanjut usia (lansia), balita dan orang-orang yang disinyalir rentan dengan penyakit.

Hal ini tertuang dalam Surat Edaran (SE) Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Nomor 8 Tahun 2020 tentang 'Desa Tanggap Covid-19 dan Penegasan Padat Karya Tunai Desa'.

"Relawan mendata penduduk yang rentan sakit, dari kelompok marjinal, mereka bentuk langsung mulai data masyarakat mana yang lansia, rentan penyakit, balita, itu didata," kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan, Pendidikan dan Pelatihan, dan Informasi Kemendes PDTT, Eko Sri Haryanto dalam jumpa pers live streaming di Gedung Graha BNPB, Jakarta, Selasa (31/3/2020).

Selain itu, Eko menyebut, Kemendes PDTT membuka layanan call center untuk seluruh perangkat desa yang membutuhkan informasi mengenai tanggap darurat Covid-19.

Ilustrasi. (Shutterstock)

"Kami buka call center 1500040 SMS 081788990040 atau 081288990040. Tanyakan informasi yang belum jelas. Kami akan bantu jelaskan tentang hal pemahaman lebih detail," ujar Eko.

Di sisi lain, Eko menekankan perlunya komitmen dari seluruh masyarakat desa. Misalnya, menerapkan physical distancing dengan jaga jarak aman satu sampai dua meter.

"Beretika ketika bersin tutup dengan siku bagian dalam atau alat lainnya seperti sapu tangan dan tisu," ucap Eko.

Baca Juga : Masyarakat Masih Nekat Mudik di Tengah Corona, Ini Kata Sosiolog

Lalu, selalu menjaga kebersihan diri dengan mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, produktif dan ibadah dari rumah rumah sesuai anjuran pemerintah.

"Lakukan disiplin jadi pahlawan lindungi diri sendiri, orang lain, menangkan perang Covid-19," tutur Eko.

Baca Juga : Perangkat Desa Diminta Buat Pusat Informasi Pencegahan Corona

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini