nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pandemi Corona, Presiden Jokowi Melihat Pergerakan Arus Mudik Lebih Awal

Fahreza Rizky, Jurnalis · Senin 30 Maret 2020 12:29 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 03 30 337 2191103 pandemi-corona-presiden-jokowi-melihat-pergerakan-arus-mudik-lebih-awal-wVJ2NiOdX2.jpg Presiden Joko Widodo (foto: Biro Pers Kepresidenan)

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melihat saat ini arus mudik lebih cepat dari biasanya. Itu dikarenakan kebijakan tanggap darurat penanganan Covid-19 atau virus corona. Mobilitas orang ini dinilai sangat berisiko di tengah pandemi virus corona.

“Laporan yang saya terima dari Gubernur Jawa Tengah, Gubernur DIY, pergerakan arus mudik sudah terjadi lebih awal dari biasanya,” ucap Jokowi dalam rapat terbatas antisipasi mudik lebaran 2020 yang disiarkan secara daring, Senin (30/3/2020).

Jokowi menuturkan, percepatan arus mudik ini umumnya dilakukan oleh para pekerja sektor informal karena pendapatan mereka menurun, bahkan tidak ada sama sekali karena adanya kebijakan pembatasan sosial.

 mudik

“Sejak penetapan tanggap darurat di DKI Jakarta, telah terjadi percepatan arus mudik, terutama dari pekerja informal di Jabodetabek menuju provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, dan DIY, serta ke Jawa Timur,” ungkapnya.

Kepala Negara mencatat, pada 2019 lalu, terjadi pergerakan orang kurang lebih 19,5 juta ke seluruh wilayah Indonesia. Jika kondisi yang sama terjadi pada tahun ini, maka itu sangat berisiko karena virus corona kini sedang mengganas.

“Oleh sebab itu di tengah merebaknya pandemi Covid-19, adanya mobilitas orang sebesar itu sangat berisiko memperluas penyebaran covid-19,” pungkasnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini