nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Populer di Tengah Corona, Ini Perbedaan Karantina Wilayah dan Isolasi Menurut Undang-Undang

Tim Okezone, Jurnalis · Senin 30 Maret 2020 12:05 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 03 30 337 2191089 populer-di-tengah-corona-ini-perbedaan-karantina-wilayah-dan-isolasi-menurut-undang-undang-NY56gKEsSQ.jpg Ilustrasi (Okezone)

JAKARTA – Karantina dan isolasi populer sekarang seiring mewabahnya virus corona dan bertambahnya orang yang terinfeksi Covid-19. Sejumlah wilayah di Indonesia mulai mengkarantina wilayahnya untuk memutuskan penyebaran corona.

Masyarakat yang diduga bahkan positif corona diisiolasi, ada juga yang dikarantina. Apa beda karantina dan isolasi?

Baca juga: Ini 7 Daerah Terapkan Lockdown Cegah Penularan Corona

Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2018 mengatur perihal Karantina Kesehatan. Karantina boleh dilakukan untuk mencegah atau menangkal keluar-masuknya penyakit atau faktor risiko kesehatan yang berpotensi menimbulkan kedaruratan kesehatan masyarakat.Virus corona

Namun, harus dilakukan berasaskan perikemanusiaan, manfaat, pelindungan, keadilan, nondiskriminatif, kepentingan umum, keterpaduan, kesadaran hukum; dan kedaulatan negara sebagaimana disebutkan dalam Pasal 2 Undang-Undang tersebut.

Baca juga: Ini Hak dan Kewajiban Masyarakat saat Karantina Wilayah

Pada ketentuan umum undang-undang tersebut, dijelaskan definisi karantina dan isolasi sebagai berikut:

Karantina

Karantina adalah pembatasan kegiatan dan/atau pemisahan seseorang yang terpapar penyakit menular sebagaimana ditetapkan dalam peraturan perundangundangan meskipun belum menunjukkan gejala apapun atau sedang berada dalam masa inkubasi, dan/atau pemisahan peti kemas, alat angkut, atau barang apapun yang diduga terkontaminasi dari orang dan/atau Barang yang mengandung penyebab penyakit atau sumber bahan kontaminasi lain untuk mencegah kemungkinan penyebaran ke orang dan/atau Barang di sekitarnya.

Isolasi

Isolasi adalah pemisahan orang sakit dari orang sehat yang dilakukan di fasilitas pelayanan kesehatan untuk mendapatkan pengobatan dan perawatan.Virus corona

Karantina Rumah

Karantina rumah adalah pembatasan penghuni dalam suatu rumah beserta isinya yang diduga terinfeksi penyakit dan/atau terkontaminasi sedemikian rupa untuk mencegah kemungkinan penyebaran penyakit atau kontaminasi.

Karantina Rumah Sakit

Karantina rumah sakit adalah pembatasan seseorang dalam rumah sakit yang diduga terinfeksi penyakit dan/atau terkontaminasi sedemikian rupa untuk mencegah kemungkinan penyebaran penyakit atau kontaminasi.

Karantina Wilayah

Karantina wilayah adalah pembatasan penduduk dalam suatu wilayah termasuk wilayah pintu Masuk beserta isinya yang diduga terinfeksi penyakit dan/atau terkontaminasi sedemikian rupa untuk mencegah kemungkinan penyebaran penyakit atau kontaminasi.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini