nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Strategi DPR Gelar Rapat Paripurna di Tengah Pandemi Corona

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Senin 30 Maret 2020 08:51 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 03 30 337 2190989 strategi-dpr-gelar-rapat-paripurna-di-tengah-pandemi-corona-DuaEOfR4Fe.jpg Ilustrasi rapat paripurna DPR RI. (Foto : Okezone.com)

JAKARTA – Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI akan menggelar rapat paripurna pada Senin (30/3/2020) siang ini. Untuk mencegah penyebaran virus corona (Covid-19) saat paripurna, DPR telah menyiapkan beberapa langkah, seperti halnya menerapkan physical distancing.

Ketua DPR RI, Puan Maharani menyatakan, rapat paripurna siang ini akan mempunyai protokol pencegahan agar agenda bisa berjalan di tengah pandemi Covid-19, mulai dari physical distancing hingga menjaga kebersihan anggota yang masuk ke ruang rapat.

“Namun karena mematuhi protokol pencegahan pandemi Covid-19, rapat paripurna disesuaikan dengan anjuran physical distancing,” ujar Puan dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (30/3/2020).

Ketua DPR RI Puan Maharani. (Foto : Okezone.com/Harits Tryan Akhmad)

Puan menerangkan rapat paripurna siang nanti, anggota yang hadir akan dibatasi kehadiran fisik. Hanya akan ada tiga pimpinan DPR yang hadir untuk memimpin rapat paripurna beserta sembilan Ketua Fraksi dan Ketua Alat Kelengkapan Dewan (AD).

“Anggota-anggota lain bisa mengikuti rapat secara virtual menggunakan fasilitas teleconference. Rapat akan berlangsung cepat, tidak ada pengambilan keputusan, hanya membuka masa persidangan III,” kata Puan.

Tak cuma mengurangi kehadiran fisik, beberapa protokoler pencegahan Covid-19 bakal diterapkan DPR terhadap anggotanya yang hadir dalam rapat paripurna.

Puan menerangkan nantinya akses masuk menuju ruang rapat paripurna hanya satu pintu. Sebelum masuk ruangan, anggota dewan akan dicek suhu tubuhnya, disemprot disinfektan, dan wajib membersihkan tangan dengan hand sanitizer. Posisi duduk anggota dewan di dalam ruang rapat juga diatur jaraknya satu sama lain.

“Posisi duduk peserta rapat juga diatur untuk menjaga jarak karena itulah rapat paripurna diadakan di Gedung Nusantara yang kapasitasnya lebih luas. Selain peserta rapat tidak diperkenankan masuk area Gedung Nusantara,” tutur Puan.

Baca Juga : DPR Rapat Paripurna Bahas Penanganan Corona Hari Ini

Lebih jauh untuk awak media, pihak DPR telah menyiapkan beberapa skema agar tak mengikuti rapat paripurna secara fisik.

“Untuk media elektronik akan ada TV pool, para wartawan yang biasa meliput di DPR juga bisa mengikuti rapat paripurna melalui livestreaming yang disediakan oleh Biro Pemberitaan DPR RI,” tutur Puan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini