Share

Dear Masyarakat, Ikuti Protokol Kesehatan Ini agar Terhindar dari Corona

Arie Dwi Satrio, Okezone · Senin 30 Maret 2020 08:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 30 337 2190988 dear-masyarakat-ikuti-protokol-kesehatan-ini-agar-terhindar-dari-corona-0VlJ1SDgdc.jpg Warga mengenakan masker untuk mencegah tertular Covid-19 (Okezone)

JAKARTA - Juru Bicara Pemerintah untuk Percepatan Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto mengatakan, terjalinnya kerja sama yang baik antara pemerintah dengan masyarakat salah satu kunci agar Indonesia pulih dari wabah virus corona (Covid-19).

Menurut Yurianto, pemerintah meminta agar masyarakat mematuhi imbauan untuk tetap menjaga jarak di dalam berkomunikasi sosial, baik di luar maupun di dalam ruangan. Kemudian, anjuran untuk melaksanakan protokol kesehatan juga diharapkan dipatuhi dan dijalankan sebaik mungkin guna memutus rantai penyebaran virus corona penyebab covid-19.

"Upayakan tetap berada di dalam rumah. Apabila terpaksa keluar rumah, maka jaga jarak, hindari kerumunan, kemudian gunakan masker, cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, hindari menyentuh wajah, kemudian praktikan betul etika saat batuk dan bersin," kata Yurianto lewat akun Youtube BNPB, Senin (30/3/2020).

Yurianto berharap agar masyarakat dapat memahami betul proses penularan penyakit Covid-19. Salah satunya yakni, melalui percikan ludah atau droplet saat seseorang batuk dan bersin.

 Achmad Yurianto

Achmad Yurianto (Okezone.com/Fahreza)

Menjaga jarak (physical distancing) sangat disarankan, sekurangnya 1 meter dengan orang lain. Sebab, droplet dapat terhirup masuk ke saluran napas orang yang sehat dan mengakibatkan terjadinya penularan.

Baca juga: Waspada! Ini 3 Sumber Penularan Virus Corona yang Sering Dianggap Remeh

Droplet atau percikan ludah dapat jatuh ke benda-benda sekitar yang sering disentuh secara bersama. Kemudian, secara tidak sadar, droplet tersebut disentuh orang lain juga. Droplet tersebut dapat berpindah kedalam tubuh setelah disentuh dan terhirup karena lupa mencuci tangan.

Hal yang juga menjadi penting dalam kasus ini, menurut Yurianto, adalah peran serta masyarakat untuk turut melindungi dan menjaga bagi siapapun yang sakit. Menjauhi atau mengucilkan warga yang sedang sakit merupakan tindakan yang justru memperburuk keadaan.

"Mari sekali lagi kita lindungi yang sakit jangan di diskriminasikan, jangan distigmarisasi, tapi lindungi dia agar bisa melakukan isolasi di lingkungannya, bukan untuk dikucilkan, tapi untuk dibantu agar dia bisa melakukan isolasi diri dengan sebaik-baiknya," ujar Yurianto.Virus corona

Kemudian bagi yang sehat agar dapat menjaga kondisi tubuh dan patuhi protokol kesehatan supaya tidak sakit. Seluruh imbauan tersebut, kata Yurianto, menjadi kunci dalam rangka menanggulangi penyakit covid-19.

"Kemudian, untuk yang sehat juga harus dilindungi jangan sampai sakit. Ini lah kunci keberhasilan kita untuk menanggulangi penyakit ini," pungkasnya.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini