nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cegah Corona Meluas, DPR Desak Pemerintah Terbitkan Aturan Karantina Wilayah

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Minggu 29 Maret 2020 08:03 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 03 29 337 2190603 cegah-corona-meluas-dpr-desak-pemerintah-terbitkan-aturan-karantina-wilayah-COmoRIpwcq.jpg Ilustrasi (Dok. okezone)

JAKARTA - Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), Saleh Partaonan Daulay mendesak agar pemerintah segera menerbitkan Peraturan Pemerintah (PP) terkait karantina wilayah. Hal itu didesak Saleh Daulay untuk mencegah meluasnya Covid-19 atau Corona Virus Disease ke seluruh Indonesia.

"Saya mendesak agar pemerintah segera menerbitkan Peraturan Pemerintah terkait Karantina Wilayah. PP tersebut sangat diperlukan agar Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2018 dapat segera diimplementasikan. Semua pihak saat ini sedang menunggu kebijakan-kebijakan aktual pemerintah dalam menangani penyebaran virus corona," kata Saleh kepada Okezone, Minggu (29/3/2020).

Menurut Saleh, Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan sudah menjelaskan adanya aturan karantina wilayah. Hanya saja, belum ada aturan tekhnis yang baku dalam pelaksanaan karantina wilayah.

"Sebetulnya, di dalam UU itu sudah disebutkan soal karantina wilayah itu. Hanya saja, secara teknis belum tercantum. Kalau mau dilaksanakan, tentu diperlukan aturan yang lebih operasional dalam bentuk peraturan pemerintah," terangnya

Dalam konteks itulah, kata Saleh, Peraturan Pemerintah yang sedang digodok tersebut diharapkan dapat diselesaikan dengan segera. Pasalnya, ada beberapa wilayah dan daerah yang saat ini yang sudah mencoba melaksanakan karantina wilayah (lockdown).

RS Darurat Corona

Namun, karena masih ada perdebatan soal definisi dan teknis pelaksanaanya, wilayah dan daerah tersebut tidak menyebutnya sebagai lockdown. Ia juga meminta agar pemerintah mempertimbangkan usulan dari para guru beaar terkait local lockdown.

"Artinya, penutupan yang dilakukan tidak secara nasional. Penutupan hanya dilakukan di daerah tertentu saja yang dinilai sebagai pusat penyebaran virus," ujarnya

"Saya berharap bahwa peraturan pemerintah itu bisa terbit dalam beberapa hari ke depan. Dengan begitu, kita bisa melangkah lebih maju dalam mengatasi virus corona yang semakin mengancam ini," sambung dia. (kha)

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini