nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pemerintah Imbau Pasien yang Isolasi Mandiri Perhatikan Protokol Penanganan Corona

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Sabtu 28 Maret 2020 20:21 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 03 28 337 2190530 pemerintah-imbau-pasien-yang-isolasi-mandiri-perhatikan-protokol-penanganan-corona-RMIKBKdfZV.jpg Jubir Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto (foto : Okezone.com)

JAKARTA - Pemerintah Indonesia mengimbau kepada pasien yang sedang menjalani isolasi mandiri di rumah harus menaati protokol penanganan virus corona atau Covid-19. Mereka yang diminta untuk isolasi dilarang sama sekali keluar rumah atau berinteraksi langsung dengan masyarakat lainnya.

"Tinggal di rumah, tidak perlu keluar, menjauhi pertemuan yang cukup banyak orang," kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto dalam konferensi pers live streaming di Gedung Graha BNPB, Jakarta, Sabtu (28/3/2020).

Yuri menuturkan, bahkan saat melakukan aktivitas di dalam rumah pun wajib menggunakan masker dan melakukan jaga jarak dengan anggota keluarga lainya.

Hal itu merupakan upaya isolasi mandiri yang tepat dapat memberikan jaminan tidak ada penuluran di lingkungan keluarga.

"Menggubakan alat tersendiri, tidak makan bersama-sama dengan tempat yang sama dan waktu yang sama dengan keluarga yang sehat," ujar Yuri.

Baca Juga : Ini 7 Daerah Terapkan Lockdown Cegah Penularan Corona

Menurut Yuri, orang yang melakukan isolasi mandiri harus rutin memantau kondisi kesehatanya. Agar jika terjadi kondisi yang semakin buruk dapat segera dirujuk ke rumah sakit.

"Apabila panas, apabila batuk disertai sesak dapat menghubungi layanan kesehatan terdekat," tutup Yuri.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini