nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pemerintah Jamin Ketersediaan APD bagi Tenaga Medis yang Tangani Corona

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Sabtu 28 Maret 2020 19:15 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 03 28 337 2190516 pemerintah-jamin-ketersediaan-apd-bagi-tenaga-medis-yang-tangani-corona-WUcPYpydqz.jpg Juru bicara pemerintah penanganan Covid-19, Achmad Yurianto (foto: istimewa)

JAKARTA - Pemerintah Indonesia menjamin ketersediaan Alat Pelindung Diri (APD) di seluruh Rumah Sakit (RS) wilayah Indonesia bagi tenaga medis yang menangani virus corona atau Covid-19.

"Kami akan berusaha memenuhi dan mematuhi dan melengkapi (kebutuhan) APD," kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto dalam konferensi pers live streaming di Gedung Graha BNPB, Jakarta, Sabtu (28/3/2020).

Yuri sapaan akrabnya, meminta pihak-pihak terkait dapat menjalankan Standar Operasional Prosedur (SOP) penggunaan APD. Hal itu nantiny yang akan mengatur siapa saja yang wajib menggunakan alat pelindung tenaga medis dalam garda terdepan menangani virus corona.

"Tentang siapa yang gunakan APD, siapa yang tidak perlu," ujar Yuri.

 coroma

Lebih lanjut, ia meminta bagi masyarakat dengan kondisi yang tidak perlu melakukan perawatan intensif di rumah sakit, diminta melakukan isolasi secara mandiri.

Namun saat ini sudah banyak rumah sakit rujukan baik itu pemerintah hingga swasta yang siap menangani pasien terjangkit virus covid 19.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini