nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Supaya Efektif, Pemerintah Harus Terbitkan Aturan Larangan Mudik Lebaran saat Pandemi Covid-19

Fadel Prayoga, Jurnalis · Sabtu 28 Maret 2020 07:43 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 03 28 337 2190275 supaya-efektif-pemerintah-harus-terbitkan-aturan-larangan-mudik-lebaran-saat-pandemi-covid-19-iO4WbgBhab.jpg Wakil Ketua Komisi VIII DPR Ace Hasan. (Foto : Okezone.com)

JAKARTA - Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Ace Hasan mengatakan, pemerintah harus membuat aturan yang melarang masyarakat untuk mudik saat menyambut hari raya Idul Fitri 1441 Hijriah nanti. Hal itu diperlukan supaya seluruh warga mematuhi anjuran tak pulang ke kampung halaman di tengah wabah virus corona (Covid-19).

"Saya kira perlu dibuatkan regulasi khusus tentang kebijakan mudik lebaran saat kita menghadapi pandemi Covid 19 ini," kata Ace kepada Okezone, Sabtu (28/3/2020).

Menurut dia, niat baik seseorang yang ingin bersilaturahmi dengan sanak familinya saat lebaran, jangan sampai malah menimbulkan masalah, yaitu menularkan virus corona ke anggota keluarga yang ada di kampung halamannya.

"Jangan membawa ‘oleh-oleh’ virus corona ke kampung halaman. Terlalu berisiko," ujarnya.

Ilustrasi. (Foto : Okezone,com)

Sebagaimana diketahui, Pemerintah Indonesia melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 meminta agar masyarakat tidak kembali ke kampung halaman atau menunda mudik sementara. Hal itu untuk menghindari meningkatnya penularan dan penyebaran Covid-19 yang disebabkan virus corona baru itu.

"Tidak perlu meninggalkan rumah, tidak perlu berpergian yang jauh, tidak perlu kemudian berpergian bersama keluarga menuju ke tempat lain yang jauh. Risiko akan sangat besar terkait hal itu," kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto dalam konferensi pers Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Graha BNPB, Jakarta, kemarin.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini