nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

BNPB Dapat Sumbangan Rp20 Miliar untuk Penanganan Corona

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Jum'at 27 Maret 2020 15:02 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 03 27 337 2189929 bnpb-dapat-sumbangan-rp20-miliar-untuk-penanganan-corona-6YjWHJnRNB.jpg Kepala Gugus Tugas Penanganan Covid-19, Doni Monardo (foto: Sindo)

JAKARTA - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), sekaligus Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona, Doni Monardo menerima sumbangan Rp20 miliar dari Grup Bakrie untuk penanganan Covid-19 di Indonesia.

Doni menjelaskan, bantuan itu akan didistribusikan untuk keperluan yang prioritas, misalnya seperti alat medis, alat perlindungan diri tenaga medis dan pengadaan lainnya.

"Semoga bantuan ini bisa bermanfaat untuk kepentingan yang paling prioritas, adalah mendukung para pejuang kesehatan, pejuang kemanusiaan, yaitu para tenaga dokter, tenaga perawat dan juga para pekerja rumah sakit, serta para pengemudi mobil ambulans dan juga mobil jenazah," kata Doni dalam konferensi pers live streaming di Gedung Graha BNPB, Jakarta, Jumat (27/3/2020).

Sementara itu, Pimpinan Grup Bakrie, Anindya Bakrie, mengatakan perjuangan melawan virus corona ini tidak bisa hanya dilakukan oleh pemerintah sendirian. Seluruh masyarakat menurutnya harus ikut berkontribusi.

"Seluruh komponen masyarakat harus turut berkontribusi. Kita semua patut mengutamakan solidaritas bangsa,dan bergotong-royong bersama pemerintah mengatasi krisis," ucap Anindya dalam kesempatan sama.

Anindya juga mengingatkan bahwa pandemi ini sudah menjadi masalah global, dan telah mengarah kepada krisis multi-dimensi. Dirinya menyebut pihak swasta juga dapat membantu dalam penanganan krisis ini.

"Kami di swasta memang hanya menjadi bagian kecil dari perjuangan ini. Bagaimanapun, seperti yang sudah sering dibicarakan oleh KADIN bersama Kementerian BUMN, kami sebagai pihak swasta setidaknya bisa membantu menjaga ketahanan perekonomian nasional, bersama-sama," ujar Anindya.

Disisi lain, Ketua Kadin Rosan Roeslani berharap, dengan adanya sumbangan ini, bisa membantu gugus tugas dalam melakukan percepatan penanganan virus corona di Indonesia.

"Dan sumbangan ini, tentunya adalah salah satu kontribusi dari dunia usaha Pak Doni. Ini saya imbau untuk terus dilakukan, dilaksanakan, bisa dalam bentuk tunai, bisa dalam bentuk alat kesehatan, atau dalam bentuk apapun. Selama ini kami bisa kontribusi baik dari yang kecil sedang atau besar, tentunya akan mempunyai dampak buat kami semua," papar Rosan diacara yang sama.

Dalam acara penyerahan tersebut turut disaksikan oleh Staf Khusus (Stafsus) Menteri BUMN Arya Sinulingga.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini