Dipecat sebagai Komisioner KPU, Evi Novida Gugat Putusan DKPP ke PTUN

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Jum'at 27 Maret 2020 11:27 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 27 337 2189765 dipecat-sebagai-komisioner-kpu-evi-novida-gugat-putusan-dkpp-ke-ptun-dvggxSoHWS.JPG Komisioner KPU, Evi Novida Ginting (Foto: Instagram)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memutuskan untuk memecat Evi Novilda Ginting sebagai Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU). Adapun keputusan itu tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 34/P Tahun 2020 tentang pemberhentian tidak hormat terharap Komisoner KPU Evi Novida Ginting Manik.

Terkait hal itu, Komisoner KPU, Evi Novida mengaku dirinya telah menerima surat Keputusan Presiden terkait pemberhentian dirinya sebagai Komisioner KPU.

"Saya sudah menerima SK pemberhentian dari Presiden kemarin (26 Maret 2020)," kata Evi saat dikonfirmasi Okezone melalui pesan singkat di Jakarta, Jumat (27/3/2020).

Meski demikian, Evi menyatakan tetap pada rencana awal yaitu menggugat putusan DKPP itu ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN).

"Saya akan melakukan upaya hukum ke PTUN," tutur Evi.

Sekadar informasi Keppres Nomor 34/P Tahun 2020 tentang pemberhentian tidak hormat anggota KPU Evi Novida Ginting mulai berlaku pada 23 Maret 2020 lalu.

Pemecatan Evi dari Komisioner KPU ini diambil setelah adanya usulan dari Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) berdasarkan surat Nomor 317-PKE-DKPP/X/2019 tanggal 18 Maret 2020 lantaran yang bersangkutan telah terbukti melanggar kode etik.

DKPP sebelumnya juga telah menjatuhkan putusan pemberhentian terhadap Evi Novilda Ginting sebagai anggota KPU. Evi diputuskan melanggar etik terkait perolehan suara calon anggota legislatif dari Partai Gerindra Daerah Pemilihan Kalimantan Barat 6.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini