Share

Distribusi APD bagi Tenaga Medis Akan Dilakukan 2 Skema

Puteranegara Batubara, Okezone · Jum'at 27 Maret 2020 11:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 27 337 2189753 distribusi-apd-bagi-tenaga-medis-akan-dilakukan-2-skema-wT6fomtUuv.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Gugus Tugas Nasional dalam rangka percepatan penanganan virus corona atau Covid-19 telah menyalurkan 151 ribu Alat Pelindung Diri (APD) untuk tenaga medis di wilayah Indonesia.

Paban IV/Operasi Dalam Negeri, Staf Operasi TNI Kolonel Inf Aditya Nindra Pasha menjelaskan bahwa proses pendistribusian APD dilakukan dengan dua skema dalam proses penyebarannya.

"Pelaksanaan pendistribusian dilakukan dengan dua skema, pertama alat pelindung diri tersebut akan didorong khususnya kepada daerah yang memiliki kesulitan transportasi," kata Aditya dalam konferensi pers live streaming di Kantor Graha BNPB, Jakarta, Jumat (27/3/2020).

Dalam hal ini TNI sebagai garda terdepan yang dipercayakan membantu proses penyimpanan dan penyaluran APD itu, melakukan percepatan pendistribusian di Provinsi Papua dan Papua Barat.

"TNI telah membantu untuk mendukung pelaksanaan pendistribusian ke wilayah Papua dan Papua Barat," ujar Aditya.

Skema yang kedua adalah, membantu percepatan penyaluran perlengkapan tenaga medis untuk merawat pasien corona itu di daerah-daerah perbatasan.

Infografis COVID-19

"Ini dilakukan untuk mempercepat pemenuhan alat pelindung diri yang ada di wilayah sehingga dapap segera diprioritaskan kepada wilayah yang membutuhkan," tutur Aditya.

Sekadar diketahui, gudang penyimpanan APD Gugus Tugas Nasional yang ada di Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, stok APD terdapat 170 ribu. Kini, sebanyak 151 ribu telah disalurkan ke wilayah Indonesia. Oleh sebab itu, saat ini stok APD untuk tenaga medis masih tersedia sebanyak 19 ribu.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini