nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tes Covid-19 Harus Diprioritaskan untuk Rakyat dan Tenaga Medis

Fadel Prayoga, Jurnalis · Kamis 26 Maret 2020 18:26 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 03 26 337 2189486 tes-covid-19-harus-diprioritaskan-untuk-rakyat-dan-tenaga-medis-jttYp0F1Qa.JPG Ilustrasi (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Wacana pelaksanaan rapid test Covid-19 oleh anggota DPR dan keluarganya terus berpolemik. Pimpinan Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP), Putu Supadma Rudana menegaskan, pemerintah wajib memprioritaskan rakyat dan tenaga medis di atas kepentingan pejabat dalam berbagai hal, Terlebih di tengah pandemi virus corona saat ini.

"Saya dengan tegas menolak tes Covid-19 untuk anggota DPR. Saat ini pejabat bukanlah prioritas. Masyarakat dan tenaga medislah yang paling utama untuk diberikan bantuan oleh negara. Anggota DPR ataupun pejabat lainnya cukup mengkarantina diri, menjaga kebersihan, jaga kesehatan, berolahraga di rumah dan minum vitamin," ucap Putu, Kamis (26/3/2020).

Jika mereka merasakan gejala Covid-19 lanjut Putu, sebaiknya langsung segera mengikuti tes corona di rumah sakit terdekat atau rujukan dengan menggunakan biaya sendiri, bukan justru membebani negara.

Baca juga: 575 Anggota DPR Beserta Keluarganya Bakal Jalani Rapid Test Corona

Dia berharap Presiden Joko Widodo menunjukkan naluri dan insting kepemimpinannya serta sense of crisisnya sebagai pemimpin bangsa dalam menghadapi masalah global terbesar kasus pandemi corona dengan mengatasi permasalahan ekonomi dan sosial masyarakat.

"Presiden harus mampu menjadi dirigen untuk mengorkestrasi segala resources yang ada, sehingga tidak terkesan hanya mengoreksi bawahan tapi memberikan arahan konsep dan clear direction dengan membiarkan ketua gugus tugas dan juru bicara saja yang menyampaikan berbagai hal-hal penting kepada masyarakat," paparnya.

Per hari ini kasus infeksi virus corona di Indonesia sudah mencapai 893 orang positif, di mana 78 orang meninggal dunia, dan 35 pasien sembuh.

Infografis COVID-19

Dia mengingatkan bahwa pandemi corona di Indonesia dari hari ke hari semakin mengganas, di mana hingga hari ini telah menyebar ke 27 provinsi di Indonesia.

Baca juga: Anggota DPR Dites Corona, Jokowi: Prioritaskan Dokter & Tenaga Medis!

Anggota Komisi VI DPR ini lebih lanjut mengapresiasi pemerintah yang akan memberikan bantuan langsung tunai kepada masyarakat terdampak virus corona. Namun, dia menyarankan pemerintah juga memberikan jaminan bahwa tidak akan adanya PHK massal dan pembagian bahan pokok secara merata kepada rakyat.

"Karena rakyat Indonesia merupakan tanggung jawab negara. Selain itu, pemerintah juga harus peduli pada pelaku usaha di seluruh wilayah terdampak dengan memberikan insentif agar usaha mereka tidak mati karena virus corona," pungkasnya.

(put)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini