nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Beredar Info Cara Masuk RS Wisma Atlet, Pangdam Jaya: Hentikan Hoaks!

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Kamis 26 Maret 2020 12:29 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 03 26 337 2189224 beredar-info-cara-masuk-rs-wisma-atlet-pangdam-jaya-hentikan-hoaks-KJAO4zLkyG.JPG Pangdam Jaya, Mayjen TNI Eko Margiyono (Foto: YouTube/BNPB Indonesia)

JAKARTA - Beberapa waktu belakangan ini muncul sebuah pesan singkat di berbagai grup aplikasi WhatsApp terkait cara cepat agar dapat dilayani di Rumah Sakit Darurat Covid-19 di Wisma Atlet dengan menghubungi salah seorang dokter. Pesan berantai itu dilengkapi dengan salah satu nomor dokter.

Pangdam Jaya, Mayjen TNI Eko Margiyono menegaskan bahwa pesan berantai tersebut adalah berita bohong atau hoaks. Ia meminta agar penyebar berita bohong itu berhenti menyebarkan hoaks di tengah wabah virus corona.

"Beberapa hari ini banyak berita hoaks terkait rumah sakit ini. Di media sosial beredar apabila ingin masuk ke rumah sakit ini hubungi dokter yang ada nomor Hp-nya. Saya mengimbau kepada siapapun yang membuat berita hoaks agar dihentikan. Jangan memperkeruh suasana," tegas Eko saat konpers yang disiarkan secara langsung lewat akun YouTube BNPB, Kamis (26/3/2020).

Dalam kesempatan ini, Eko menjelaskan tata cara agar pasien bisa dapat dilayani di RS Wisma Atlet. Salah satu yang bisa dilakukan yakni dengan mendatangi langsung RS Wisma Atlet yang berlokasi di Kemayoran, Jakarta Pusat, ataupu dengan menghubungi Call Center 119.

"Ada beberapa cara bisa dilakukan seperti mandiri. Artinya, bagi yang pernah kontak dengan yang pernah terpapar bisa ke Wisma Atlet atau bisa call center 119. Juga dari rujukan rumah sakit," bebernya.

Infografis COVID-19

Kendati demikian, Eko mengingatkan bahwa RS Wisma Atlet hanya menerima perawatan pasiem dengan kategori sedang hingga ringan. Sementara pasien dengan kategori penyakit berat akan dirujuk ke RS rujukan seperti RSPI Sulianti Saroso ataupun RSUP Persahabatan.

"RS ini dibangun atau didirikan untuk menangani khusus terkena Covid-19 yang kategori ringan dan maksimal sedang. Bagaimana yang kondisinya berat? maka RS darurat ini akan merujuk ke RS yang menjadi rujukan. Apakah di RSPI Sulianti Saroso atau Persahabatan," kata dia.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini