Ini Cara agar Bisa Dilayani Tes Corona di RS Darurat Wisma Atlet

Puteranegara Batubara, Okezone · Kamis 26 Maret 2020 11:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 26 337 2189169 ini-cara-agar-bisa-dilayani-tes-corona-di-rs-darurat-wisma-atlet-YUCaZX0OwX.jpg Ilustrasi Virus Corona (Foto: ist)

JAKARTA - Komandan Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad) Mayjen Eko Margiyono menjelaskan, cara dan prosedur apabila ada masyarakat yang ingin melakukan pengecekan atau pengobatan virus corona atau Covid-19 di Rumah Sakit (RS) darurat Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Eko menuturkan, penjelasan ini perlu disampaikan lantaran banyak warga yang menanyakan cara agar bisa dilayani di RS darurat virus corona tersebut.

"Pertama, ini caranya mandiri. Artinya, apabila ada gejala dan pernah kontak langsung dengan pasien positif datang langsung," kata Margiyono dalam konferensi pers melalui akun YouTube BNPB Indonesia, Kamis (26/3/2020).

Baca Juga: Pangdam Jaya: RS Darurat Wisma Atlet Mampu Tampung 3.000 Pasien Covid-19 

wisma atlet

Kemudian yang kedua, warga bisa menelepon call center 119 dan nantinya petugas kesehatan bisa menjemputnya jika tak bisa datang dengan sendiri.

Terakhir, pasien yang dirawat bisa melalui dari rujukan Rumah Sakit lainnya. Hal ini dimungkinkan jika sebuah RS rujukan penanganan Covid-19 tak mampu menampung pasien.

"RS yang tak menampung pasien dapat mengirimkan tapi dengan catatan ada hasil pemeriksaan awal," ujar Eko.

Eko menuturkan, kapasitas RS darurat ini sebanyak 3 ribu orang. Jika memang nantinya keadaan makin memburuk maka bisa digunakan lagi dua tower lainnya.

"Tower 7 kpasitas 1.700 orang dan tower 6 kapasitas 1.300. Total 3 ribu. Kita gunakan tower berikutnya 4 dan 5 jika kondisi makin memburuk," ujar Pangdam Jaya itu.

Rumah Sakit darurat Wisma Atlet resmi beroperasi pada tanggal 23 Maret lalu. Hingga hari ini, total sudah ada 208 pasien yang dirawat di rumah sakit ini.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini