nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

RS Darurat Wisma Atlet Hanya Rawat Pasien Covid-19 Kategori Ringan dan Sedang

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Kamis 26 Maret 2020 11:08 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 03 26 337 2189168 rs-darurat-wisma-atlet-hanya-rawat-pasien-covid-19-kategori-ringan-dan-sedang-B4QiXko9mN.jpg RS Darurat Wisma Atlet, Jakarta (Foto Kementerian PUPR)

JAKARTA - Pangdam Jaya Mayjen TNI Eko Margiyono menjelaskan bahwa Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat hanya menerima pasien yang terpapar Covid-19 dengan kategori ringan hingga sedang.

Jika ada pasien Covid-19 dalam kategori berat, maka RS Wisma Atlet akan merujuknya ke rumah sakit rujukan penanganan virus corona lainnya.

"Sudah ada beberapa pasien yang datang, kemudian diperiksa karena berat kembali kita rujuk," kata Eko Margiyono dalam konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta Timur dan disiarkan langsung lewat akun Youtube BNPB, Kamis (26/3/2020).

 wisma atlet

Wisma Atlet (Okezone)

Eko menjelaskan, awalnya, RS Wisma Atlet didesain hanya khusus untuk pasien dari wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek). Namun, sambungnya, dalam tiga hari belakangan, ada pasien dari luar Jakarta yang turut mendatangi RS Wisma Atlet.

"Di hari pertama saja ada pasien yang datang dari Surabaya, ada dateng dari Semarang. Tapi kami tetap menerima," ucap Eko.

Dalam kesempatan ini, Eko menegaskan bahwa RS Darurat Wisma Atlet hanya menerima pasien corona dalam kondisi ringan. Kata dia, RS Wisma Atlet tidak menerima pasien dalam kondisi berat, terlebih mengalami komplikasi penyakit lainnya.

"Pasien yang ringan tetapi membawa penyakit komplikasi lain, itu akan kita rujuk. Karena rumah sakit ini tidak didesain untuk penyakit lain," jelas Eko.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini