nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Berjuang Lawan Corona, Petugas Medis Malah Ditolak Warga Sekitar Kosannya

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Rabu 25 Maret 2020 16:54 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 03 25 337 2188883 berjuang-lawan-corona-petugas-medis-malah-ditolak-warga-sekitar-kosannya-8SpgrsEWQD.jpg Ilustrasi (Foto : Shutterstock)

JAKARTA - Tenaga medis RSUP Persahabatan yang merawat pasien terpapar virus corona atau covid-19 mendapat perlakuan yang kurang baik dari warga. Perawat tersebut dikabarkan diusir warga dari kosannya yang tidak jauh dari RSUP Persahabatan.

Direktur Utama RSUP Persahabtan Jakarta, Rita Rogayah memgatakan tenaga medis yang menangani pasien Covid-19 yang ditolak masyarakat untuk tinggal dikosaanya dipicu masyarakat merasa khawatir para tenaga medis akan menularkan virus corona.

"Jadi sebetulnya mereka bukan diusir. Tapi mereka tidak nyaman karena ada stigma mereka bekerja di RSUP Persahabatan sebagai rumah sakit infeksi sehingga mereka kalau kembali ke rumah, mereka merasa sepertinya menularkan penyakit covid 19 dan membawa virus ke rumah," katanya. Rabu (25/3/2020).

Sebaran virus corona di Jakarta

Rita menyebutkan warga menduga bahwa tenaga medis tersebut akan membawa petaka di lingkungannya, hal itulah yang membuat warga mengusirnya.

"Lingkungan itu menstigma mereka itu membawa penyakit gitu. Jadi sebetulnya mereka bukan diusir tapi merasa tidaknya nyaman karena lingkungan menganggap mereka bekerja di Rumah Sakit infeksi dan nanti bisa membawa virus saat pulang," ujarnya.

Rita sangat menyanyangkan terhadap sikap warga yang kurang memahami wabah Virus Corona yang menjangkit di Tanah Air. Rita berpendapat perlunya ada edukasi terhadap masyarakat dalam menghadapi virus corona dengan bijak. Sehingga tidak ada kepanikan dan stigma negatif terhadap tenaga medis maupun pasien yang sudah dinyatakan sembuh.

"Itulah yang mesti kita pahami, berarti kita harus memberikan edukasi yang lebih banyak kepada masyarakat sehingga tidak perlu panik, tapi ikutilah apa yang harus dilakukan. Lebih baik jangan keluar rumah, kita isolasi diri kita masing- masing, kita berada dirumah tidak perlu keluar," tuturnya.

Baca Juga : Polda Metro Terus Patroli Keramaian Antisipasi Wabah Virus Corona

Beruntung, ada beberapa hotel yang bersedia menampungnya, sehingga tenaga medis yang sebelumnya terpaksa tingga di RSUP Persahabatan. Kini mendapatkan tempat tinggal yang layak.

"Alhamdulillah sudah banyak yang bantu ada hotel, apartemen mereka semua siap membantu. Kami mengucapkan terimakasih kepada semua partisipan yang peduli dengan tenaga kesehatan kami," tutupnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini