nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Anggota DPR Dites Corona, Jokowi: Prioritaskan Dokter & Tenaga Medis!

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Selasa 24 Maret 2020 17:34 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 03 24 337 2188402 anggota-dpr-dites-corona-jokowi-prioritaskan-dokter-tenaga-medis-RtGUmcCQ7n.JPG Presiden Joko Widodo (Foto: Biro Pers Istana Kepresidenan RI)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) turut mengomentari soal kabar mengenai 575 anggota DPR dan keluarganya yang akan menjalani rapid test terhadap virus corona (Covid-19).

Kepala Negara mengatakan bahwa dirinya telah memerintahkan Menteri Kesehatan (Menkes), Terawan Agus Putranto agar segera melakukan norma standar dan prosedur yang dibutuhkan dalam rangka pelayanan jaminan kesehatan pasien Covid-19.

Kepala Negara ingin rapid test Covid-19 memprioritaskan para dokter dan tenaga medis yang menjadi garda terdepan dalam penanggulangan pandemi virus corona.

"Tadi pagi saya telah perintahkan kepada Menkes untuk rapid test yang diprioritaskan adalah dokter dan tenaga medis serta keluarganya terlebih dulu," kata Jokowi saat menggelar konferensi pers melalui video teleconference di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (24/3/2020).

Mentan Gubernur DKI Jakarta itu pun meminta agar rapid test Covid-19 tersebut juga memprioritaskan para orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP).

"Dan juga para ODP dan PDP serta keluarganya, ini yang harus didahulukan," tandasnya.

Infografis COVID-19

Sebelumnya, Jokowi ingin adanya penyusunan prosedur baru untuk pasien Covid-19 baik terkait informasi fasilitas kesehatan dan biaya pelayanan, serta pendataan fasilitas kesehatan yang dapat memberikan pelayanan kesehatan akibat pandemi virus corona itu.

"Untuk Menteri Kesehatan segera lakukan norma standar dan prosedur yang dibutuhkan dalam rangka pelayanan jaminan kesehatan pasien Covid-19, baik terkait informasi fasilitas kesehatan dan biaya pelayanan, serta pendataan fasilitas kesehatan yang dapat memberikan pelayanan kesehatan akibat Covid-19," ujar Jokowi dalam rapat terbatas Pembiayaan BPJS Kesehatan.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini