Jokowi Minta Kepala Daerah Alokasikan APBD untuk Pelayanan Pasien Corona

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Selasa 24 Maret 2020 13:21 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 24 337 2188176 jokowi-minta-kepala-daerah-alokasikan-apbd-untuk-pelayanan-pasien-corona-YQWmSRvXUL.JPG Presiden Joko Widodo (Foto: Biro Pers Istana Kepresidenan RI)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta pembiayaan pelayanan kesehatan untuk pasien Covid-19 bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

"Terkait pembiayaan BPJS Kesehatan untuk pasien Covid-19, siapkan beban biaya pelayanan kesehatan atas penanganan bencana wabah Covid-19 ini dalam APBN maupun APBD," kata Jokowi dalam rapat terbatas 'Pembiayaan BPJS Kesehatan' melalui video conference di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (24/3/2020).

Kepala Negara ingin para gubernur, bupati dan wali kota bisa merealokasikan anggaran tersebut untuk pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang terpapar Covid-19.

Infografis COVID-19

"Kita harus memastikan gubernur, bupati, wali kota juga melakukan realokasi anggaran APBD untuk pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang terpapar Covid-19," tuturnya.

Kepala Negara mengingatkan bahwa tugas negara yakni menjamin pelayanan kesehatan pada seluruh warga negara Indonesia dalam sistem jaminan kesehatan nasional yang berfungsi secara penuh dan berkelanjutan.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini