Share

Jokowi ke Kepala Daerah: Pangkas Rencana Belanja yang Tidak Prioritas!

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Selasa 24 Maret 2020 11:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 24 337 2188106 jokowi-ke-kepala-daerah-pangkas-rencana-belanja-yang-tidak-prioritas-j06Ts6SChW.jpg Presiden Joko Widodo (Foto: Biro Pers Istana Kepresidenan RI)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepala daerah untuk memangkas rencana anggaran yang tidak prioritas guna direalokasikan untuk penanganan wabah virus corona (Covid-19).

"Perlu saya sampaikan kepada para gubernur, saya perintahkan kepada menteri, gubernur, bupati/wali kota agar memangkas rencana belanja yang tidak prioritas di APBN maupun di APBD," ujar Jokowi dalam arahannya di rapat terbatas 'Pengarahan Presiden kepada Para Gubernur Menghadapi Pandemik Covid-19' melalui video conference, Selasa (24/3/2020).

Kepala Negara ingin perjalanan dinas, kunjungan kerja ke luar negeri, pertemuan, hingga belanja lainnya yang tidak dibutuhkan masyarakat segera dipangkas lantaran saat ini kondisi fiskal atau pengeluaran dan pajak dalam kondisi yang tidak baik.

"Lalu refocusing kegiatan dan realokasi anggaran, untuk mempercepat penanganan Covid-19 baik terkait isu-isu kesehatan maupun bantuan sosial untuk mengatasi eknomi," tuturnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengingatkan bahwa dirinya telah menerbitkan Inpres Nomor 4 Tahun 2020 pada 20 Maret 2020 lalu sebagai landasan hukum untuk perubahan alokasi APBN dan APBD tersebut.

Infografis COVID-19

Dia juga mengingatkan agar jajaran menteri, kepala lembaga negara, hingga kepala daerah bisa memaksimalkan realokasi anggaran tersebut untuk bansos dan program padat karya lainnya.

"Saya ingatkan provinsi, daerah mengingat betul keterseidaan bahan pokok dan mempertahankan daya beli masyarakat, tolong dilihat betul keadaan para buruh terutama para pekerja harian, para petani, para nelayan dan juga yang terkena dampak lebih dulu usaha UMKM agar kita usahakan daya beli tetap terjaga dan tetap beraktivitas dalam berproduksi," pungkasnya.

Baca Juga: Wujudkan Indonesia Sehat 2025, Lifebuoy dan Halodoc Berkolaborasi Berikan Akses Layanan Kesehatan Gratis

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini