nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pandemi Corona, Fraksi PAN di DPR Sarankan Penundaan Pilkada 2020

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Selasa 24 Maret 2020 06:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 03 24 337 2188011 pandemi-corona-fraksi-pan-di-dpr-sarankan-penundaan-pilkada-2020-t44LBiHrns.jpeg Ilustrasi. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Wakil Ketua Fraksi PAN DPR RI, Saleh Partaonan Daulay menyarankan pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 ditunda, mengingat adanya pandemi virus corona (Covid-19) di Indonesia.

"Menurut saya, sebaiknya Pilkada ditunda saja dulu. Walaupun persiapannya terus dimatangkan, namun pelaksanaannya perlu direncanakan ulang. Sekalian, biar masyarakat juga tidak merasa dikejar-kejar dengan pelaksanaan pilkada," kata Saleh kepada Okezone, Jakarta, Senin (23/3/2020).

Saleh menjelaskan, opsi penundaan itu akan membuat situasi tenang dan bisa fokus untuk melakukan upaya-upaya pencegahan virus corona di Indonesia.

“Biar tenang dulu semua. Kasih kesempatan kepada pemerintah pusat dan daerah untuk bekerja mengatasi virus corona ini. Jangan diganggu dan diinterupsi dengan tahapan pilkada yang juga menyita perhatian," ujar Saleh.

Infografis Okezone.

Namun demikian, kata Saleh, penundaan pelaksanaan pilkada akan memiliki dampak. Termasuk dalam mendesain ulang tahapan penyelenggaraan pilkada.

Baca juga: 3 Dokter dan Seorang Profesor Positif Corona Meninggal di RSUP Persahabatan

"Itu tentu tidak mudah. Sebab, apa yang sudah berjalan sejauh ini sudah sesuai dengan tahapan yang telah ditetapkan sebelumnya," ucap Saleh.

Menurut Saleh, berkenaan dengan rencana penundaan pelaksanaan pilkada, KPU diharapkan dapat segera berkonsultasi dengan Kemendagri dan DPR. Dengan begitu, ada kesepahaman dalam pengambilan keputusan tersebut.

“Lagian, kalau ada penundaan, itu bisa bermanfaat untuk semua. Termasuk bagi KPU, bagi partai politik, bagi para calon, dan juga bagi masyarakat luas. Dengan ditunda, semestinya semua pihak akan lebih siap lagi," tutur Saleh.

“Tahapan-tahapan itu kan sudah ditetapkan. Bahkan saya dengar. pembentukan panitia penyelenggara di tingkat kecamatan dan kelurahan pun sudah dilaksanakan," imbuh Saleh.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini