Wapres Ma'ruf Amin Minta Ulama dan Pimpinan Agama Taati Seruan soal Social Distancing

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Senin 23 Maret 2020 14:34 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 23 337 2187696 wapres-ma-ruf-amin-minta-ulama-dan-pimpinan-agama-taati-seruan-pemerintah-soal-social-distancing-RioMStciXV.jpg Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin (foto: Setwapres)

JAKARTA - Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta untuk para ulama dan pemimpin agama untuk menaati seruan pemerintah terkait social distancing dalam upaya mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19.

Apalagi sudah ada Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk tidak menyelenggarakan pertemuan yang melibatkan jumlah massa cukup besar.

Baca Juga: Jakarta Darurat Corona, Anies: Kegiatan Pengumpulan Massa Akan Langsung Dibubarkan 

Kampanye Kompak Lawan Corona dan Ayo Lawan Corona

“Kepada para ulama, para pemimpin agama ini supaya mentaati seruan pemerintah apalagi sudah ada Fatwa MUI untuk tidak menyelenggaran pertemuan dan kumpulan,” kata Ma’ruf di kantor BNPB, Senin (23/3/2020).

Ma’ruf menerangkan, dalam Fatwa MUI yang bernomor 14 tahun 2020 itu juga meminta para ulama untuk menjaga, memberikan tuntunan kepada masyarakat dan umat untuk ikut mematuhi seruan pemerintah dalam kasus virus corona itu.

“Ini barang kali menjadi penting supaya juga, semua pihak lalu ikut bersama-sama bergerak sesuai dengan arah dan gerakan yang dilakukan oleh pemerintah nasional, daerah dan tokoh-tokoh masyarakat,” tutur Ma’ruf.

Baca Juga: Polri Gelar Operasi Aman Nusa II Hadapi Virus Corona 

Menurut Ma’ruf dirinya meminta langsung kepada Majelis Ulama Indonesia agar dapat mengeluarkan fatwa kebolehan untuk tidak melaksanakan salat berjamaah dan salat Jumat jika terjadi situasi yang cukup mengkhwatirkan.

“Seperti Jakarta misalnya dan kawasan tertentu sudah dikeluarkan fatwanya oleh Majelis Ulama,” tandasnya.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini