Peristiwa 23 Maret: Bandung Lautan Api hingga Hari Lahir Menlu Pertama Indonesia

Puteranegara Batubara, Okezone · Senin 23 Maret 2020 07:55 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 23 337 2187443 peristiwa-23-maret-bandung-lautan-api-hingga-hari-lahir-menlu-pertama-indonesia-FPOOFv9MmN.jpg Bandung Lautan Api. (Foto: Arsip Nasional)

SEJUMLAH peristiwa dan catatan sejarah penting terjadi pada 23 Maret. Beberapa di antaranya adalah peristiwa Bandung Lautan Api hingga kelahiran Menlu pertama Indonesia, Achmad Soebardjo.

Untuk mengingat ataupun menambah wawasan sejarah, Okezone telah merangkum sejumlah peristiwa dan kejadian penting di tanggal 23 Maret dari Wikipedia, antara lain:

1. Bandung Lautan Api

1946 - Perang Kemerdekaan Indonesia Puluhan ribu penduduk Kota Bandung membakar tempat mereka tinggal untuk mencegah Sekutu dan tentara NICA menguasai kota itu, dikenal sebagai Bandung Lautan Api.

Peristiwa Bandung Lautan Api adalah peristiwa kebakaran besar yang terjadi di Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat, Indonesia pada 23 Maret 1946.

Dalam waktu tujuh jam, sekitar 200.000 penduduk Bandung membakar rumah mereka, meninggalkan kota menuju pegunungan di daerah selatan Bandung.

Hal ini dilakukan untuk mencegah tentara Sekutu dan tentara NICA Belandauntuk dapat menggunakan Kota Bandung sebagai markas strategis militer dalam Perang Kemerdekaan Indonesia.

2. Ditemukan Galaksi Mata Hitam

1779 - Galaksi Mata Hitam ditemukan oleh Edward Pigott. Galaksi Mata Hitam atau juga disebut Messier 64, M64, atau NGC 4826 ditemukan oleh Edward Pigott pada 23 Maret 1779, dan secara independen oleh Johann Elert Bode pada tanggal 4 April tahun yang sama, serta oleh Charles Messier pada tahun 1780.

(Foto: Nasa)

Galaksi ini memiliki sebuah jalur debu penyerap gelap yang spektakuler di depan inti cerah galaksi, sehingga menimbulkan julukan "Mata Hitam" atau "Mata Setan". M64 terkenal di kalangan astronom amatir karena penampilannya di teleskop kecil. Galaksi ini merupakan galaksi spiral di rasi bintang Coma Berenices.

3. Gerakan Fasisme Didirikan Di Italia

1919 - Benito Mussolini mendirikan gerakan fasisme di Italia. Fasisme adalah paham yang berdasarkan prinsip kepemimpinan dengan otoritas yang mutlak/absolut di mana perintah pemimpin dan kepatuhan berlaku tanpa pengecualian.

Menjadi sangat penting dalam ideologi fasis, karena ideologi ini selalu membayangkan adanya musuh, sehingga pemimpin dan militer harus kuat menjaga negara. Gerakan ini memiliki satu tujuan menghancurkan musuh, di mana musuh dikonstruksikan dalam kerangka konspirasi atau ideologi lain.

Dalam pola pikir fasis, musuh berada di mana-mana, baik di medan perang maupun dalam bangsa sendiri sebagai elemen yang tidak sesuai dengan ideologi fasis. Dalam ideologi fasis, akibatnya adalah individualitas manusia hilang, dan pengikut menjadi massa yang seragam di mana individu hanya menjadi alat untuk mencapai tujuan gerakan fasis tersebut.

4. Kelahiran Achmad Soebardjo

1896 - Achmad Soebardjo, Menteri Luar Negeri pertama Indonesia. Ia adalah tokoh pejuang kemerdekaan Indonesia, diplomat, dan seorang Pahlawan Nasional Indonesia.

Achmad Soebardjo memiliki gelar Meester in de Rechten, yang diperoleh di Universitas Leiden Belanda pada tahun 1933.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini