nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kepala BNPB Minta Rumah Sakit Dioptimalisasi Hadapi Pandemi Covid-19

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Minggu 22 Maret 2020 15:34 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 03 22 337 2187286 kepala-bnpb-minta-rumah-sakit-dioptimalisasi-hadapi-pandemi-covid-19-KdoxQxoTiQ.JPG Kepala BNPB dan Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo mendesak rumah sakit BUMN, TNI, dan Polri di berbagai daerah segera dioptimalisasi. Hal itu dilontarkannya menyikapi fenomena meningkatnya jumlah masyarakat yang positif terjangkit virus corona (Covid-19).

"Rumah sakit-rumah sakit pusat yang ada di daerah yakni milik TNI, Polri dan BUMN untuk sesegera mungkin dioptimalisasi dan disiapkan dengan baik," kata dia di Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (22/3/2020).

Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 ini menerangkan pemerintah akan mengambil langkah prioritas dengan mengoptimalkan seluruh sumber daya nasional baik di pusat maupun di daerah.

"Sehingga seluruh kepala gugus tugas dalam hal ini gubernur, bupati dan wali kota yang mana wakilnya merupakan unsur-unsur dari TNI-Polri yaitu Pangdam dan Kapolda maka harus bisa melakukan perencanaan dengan baik," tuturnya.

Infografis COVID-19

Seperti diketahui, Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona atau (Covid-19), Achmad Yurianto, mengungkapkan bahwa total kasus pasien positif virus corona di Indonesia pada Sabtu 21 Maret 2020 total sudah mencapai 450 orang.

Angka tersebut meningkat 81 orang dari jumlah sebelumnya ketika Yuri mengumumkan data kasus pasien positif sebanyak 369 orang per Jumat 20 Maret 2020 sehari sebelumnya.

Sementara Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Terawan Agus Putranto telah mengimbau masyarakat agar bersatu saling bahu-membahu mengatasi wabah virus corona (Covid-19) yang tengah mewabah. Kepedulian masyarakat diperlukan demi terciptanya Indonesia sehat.

"Kita bahu-membahu semua saling bersatu menggalang untuk menyehatkan Indonesia," kata Terawan.

Mengenai Rumah Sakit Darurat Penanganan Covid-19, dia memastikan bahwa seluruh tenaga medis baik dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) maupun unsur lainnya termasuk sukarelawan akan bekerja sama bahu-membahu dan saling mendukung dalam menyiapkan perihal medis di sana.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini