nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Besok, Obat dan Perlengkapan Medis untuk Atasi Corona Tiba di Halim Perdanakusuma

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Minggu 22 Maret 2020 14:12 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 03 22 337 2187259 besok-obat-dan-perlengkapan-medis-untuk-atasi-corona-tiba-di-indonesia-V7bHYdllz2.jpg Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto (foto: Ist)

JAKARTA - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto memastikan bahwa 9 ton obat dan peralatan medis untuk percepatan penanganan pandemi virus corona atau Covid-19 akan tiba di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, pada Senin 23 Maret 2020.

Hadi menjelaskan, obat dan berbagai peralatan media tersebut telah diangkut dengan Pesawat Hercules dari Shanghai, China.

Baca Juga: Wisma Atlet Siapkan 2.500 Tempat Tidur untuk Pasien Covid-19 

"Jadi informasi pengambilan obat di Shanghai, kita sudah terbangkan kemarin satu Pesawat Hercules dengan kapasitas membawa peralatan maupun obat kurang lebih sembilan ton hari ini mereka terbang dari Shanghai menuju Jakarta," kata Hadi di Wisma Atlet, Jakarta, Minggu (22/3/2020).

Hadi menjelaskan, Hercules pembawa obat dan peralatan medis Covid-19 dijadwalkan akan tiba ke Tanah Air sekira pukul 09.30 WIB.

Ia mengatakan, pihaknya bersama Kementerian Pertahanan (Kemenhan) akan langsung menyerahkan obat dan perlengkapan medis tersebut kepada Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo.

"Kemungkinan akan transit dulu karena jaraknya agak jauh, dan besok pagi pesawat akan landing di Halim kurang lebih 09.30 WIB dan barang-barang itu menjadi tanggungjawab dari kepada Gugus Tugas. Sehingga nanti akan digudangkan di Halim dan besok akan diterima oleh Wamenhan dan Kasum TNI," tandasnya.

Sejumlah alat kesehatan dari China itu berupa masker sekali pakai, masker N95, pakaian pelindung tubuh, kacamata pelindung, sarung tangan karet, penutup sepatu, thermometer infra merah, dan penutup kepala untuk operasi.

Baca Juga: Besok, Wisma Atlet Bisa Digunakan sebagai Rumah Sakit Darurat Covid-19 

Permintaan dari Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto, kepada panglima TNI soal penangkutan alat-alat kesehatan ke Tanah Air itu tertuang dalam Surat Menhan RI Prabowo Subianto dengan No B/667/M/III/2020 tertanggal 18 Maret 2020. Kementerian Pertahanan juga sudah membentuk tim khusus penanganan virus corona.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini