Nasdem Beri Catatan soal Penanganan Virus Corona di Indonesia

Muhamad Rizky, Okezone · Minggu 22 Maret 2020 07:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 22 337 2187126 nasdem-beri-catatan-soal-penanganan-virus-corona-di-indonesia-qOY7AM4ffT.jpg Ketua DPP Partai Nasdem Irma Suryani Chaniago. (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA – Ketua DPP Partai Nasdem Irma Suryani Chaniago memberikan sejumlah catatan terkait penanganan virus corona atau Covid-19 di Indonesia. Menurut dia, beberapa kebijakan dianggap sudah tepat, namun ada pula yang lambat dilakukan.

Irma mengatakan kebijakan pemerintah dengan meliburkan sekolah dan mengimbau bekerja dari rumah atau work from home (WFH) merupakan upaya yang tepat. Hal itu bisa menghentikan penyebaran virus corona.

Baca juga: Koordinasi Kepala Daerah di Jawa Tengah Dipermudah untuk Atasi Corona 

"Yang dilakukan Indonesia sebenarnya sudah tepat, namun karakter dan kebiasaan banyak orang Indonesia yang tidak peduli terhadap kesehatan diri sendiri, apalagi dengan kesehatan orang lain, dengan tidak mengindahkan imbauan pemerintah," kata Irma kepada Okezone, Minggu (22/3/2020).

Namun, ia menyayangkan masih banyaknya masyarakat yang tidak mematuhi imbauan pemerintah tersebut, sebab dengan begitu penyebaran virus corona bisa terus terjadi.

Irma juga mengapresiasi langkah Presiden Jokowi dengan membentuk Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Kemudian Kemenkes, Kemenkominfo, dan Kemendikbud yang dinilai sigap dalam mengantisipasi virus corona.

"Hanya saja yang tampak gagap adalah Kemenhub yang telat mengambil langkah," tuturnya.

Baca juga: Pulang dari Bandung, 74 Mahasiswa Jambi Masuk Daftar ODP 

Kementerian Perhubungan dinilai kurang tegas dalam koordinasi dengan pihak Imigrasi, Angkasa Pura, dan ASDP.

"Dengan tidak menutup bandara dari penerbangan luar negeri dan Imigrasi tidak melakukan pemeriksaan dan inventarisasi intensif kepada turis-turis asing yang masuk, begitu pula ASDP," ujarnya.

Maka itu, kata dia, diingatkan untuk tidak menganggap enteng persoalan virus corona. Menurutnya semua pihak juga harus saling membantu menyelesaikan masalah ini.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini