nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dana Desa Tangani Virus Corona, Kemendes Minta Dokumen Administrasi Segera Diselesaikan

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Sabtu 21 Maret 2020 14:03 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 03 21 337 2186893 dana-desa-tangani-virus-corona-kemendes-minta-dokumen-andiministrasi-segera-diselesaikan-qxxmT86DQq.jpg Ilustrasi Uang (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pemerintah desa dapat menggunakan dana desa untuk mencegah dan mengatasi penyebaran virus corona (covid-19) di Indonesia melalui pada karya tunai.

Dirjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dirjen PPMD) Kementerian Desa Pembagunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Taufik Madjid mengatakan pada tahun 2020 total ada 74.953 desa di seluruh Indonesia akan mendapatkan dana desa.

"Seluruh desa mendapatkan dana desa. 74.953 desa di 434 kabupaten dan kota di Indonesia,” kata Taufik di kantor BNPB, Sabtu (21/3/2020).

Terkait dengan administrasi dan akuntabilitas, dia meminta jajaran pemerintah desa untuk mempercepat penyiapan dokumen administrasi.

Duit

Baca Juga: Ijtima Jamaah di Gowa Dibatalkan, Kegiatan Agama Lainnya Diminta Menyesuaikan untuk Cegah Covid-19

Menurut Taufik, hal ini dibutuhkan untuk persyaratan pencairan dana desa apalagi penyaluran dana desa tersebut melalui Rekening Kas Umum Negara(RKUN) dan penyalurannya akan dicatat melalui Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) Kabupaten dan Kota.

“Jajaran pemerintah desa supaya mempercepat syarat-syarat pencairan dana desa karena untuk tahun ini, tahap pertamanya 40%, tahap kedua 40%, dan tahap ketiga 20%. Tahap pertama 40% kurang lebih ada Rp 28,8 triliun,” ujar Taufik.

Maka dari itu, Taufik mendorong agar kepala desa dan jajaran desa lainnya jika telah menerima dana tersebut untuk segera melakukan pencegahan dan antisipasi covid-19.

"Dana desa yang diperoleh oleh pemerintah desa dapat segera untuk mengantisipasi, mencegah, sekaligus menangani luasnya dampak penyebaran Covid-19,” tutupnya.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini