Peristiwa 21 Maret: Wakil Presiden Keempat RI Umar Wirahadikusumah Wafat

Muhamad Rizky, Okezone · Sabtu 21 Maret 2020 06:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 21 337 2186757 peristiwa-21-maret-wakil-presiden-keempat-ri-umar-wirahadikusumah-wafat-adX98gSUJV.jpg Umar Wirahadikusumah. (Foto: Wikipedia.org)

JAKARTA – Sejumlah peristiwa penting dan bersejarah terjadi pada 21 Maret. Sebut saja berdirinya kamp konsentrasi Nazi, lahirnya legenda sepakbola dunia Ronaldinho, hingga wafatnya wapres keempat RI Umar Wirahadikusumah.

Okezone pun merangkum beberapa peristiwa pada 21 Maret, sebagaimana dikutip dari Wikipedia.org, Sabtu (21/3/2020):

1933 – Kamp Konsentrasi Nazi di Dachau Jerman Selesai Dibangun

Kamp konsentrasi Nazi di Jerman selesai dibangun. Kamp ini terletak di Dachau atau sekira 20 kilometer di sebelah selatan Jerman, tepatnya Negara Bagian Bayern.

Kamp konsentrasi adalah tempat mengumpulkan dan menahan lawan politik, tahanan, atau tawanan. Biasanya kamp konsentrasi didirikan ketika perang atau masa bergejolak di suatu negara.

Dachau saat ini merupakan kawasan permukiman yang populer bagi orang-orang yang bekerja di Munchen. Saat ini penduduknya berjumlah sekira 40 ribu jiwa. Kota ini mempunyai pusat yang bersejarah dengan istana yang dibangun pada abad 18.

1947 – Kelahiran Meutia Hatta

Meutia Hatta, perempuan yang pernah menjabat sebagai menteri negara pemberdayaan perempuan dalam Kabinet Indonesia Bersatu pada 2004 hingga 2009, lahir pada 21 Maret 1947.

Dalam perjalanannya, Meutia Hatta pernah meraih gelar doktor dalam bidang antropologi dari Universitas Indonesia pada 1991. Ia juga pernah menjabat sebagai ketua umum Yayasan Hatta.

1980 – Lahirnya Legenda Sepakbola Brasil Ronaldinho

Ronaldo Assis de Moreira atau lebih dikenal Ronaldinho merupakan seorang maestro atau legenda sepakbola. Ia lahir di Porto, Alegre, Brasil.

Aksinya bersama si kulit bundar selalu memukau siapa pun yang menontonnya. Ia bisa bermain sebagai gelandang serang, striker kedua, atau penyerang murni.

Ronaldinho dua kali mendapatkan gelar Pemain Terbaik Dunia FIFA, yaitu pada 2004 dan 2005. Ia pernah menjadi pemain dengan penghasilan tertinggi, melampaui David Beckham.

2003 – Wakil Presiden Keempat RI Umar Wirahadikusumah Wafat

Umar Wirahadikusumah merupakan seorang purnawirawan jenderal bintang empat. Ia meninggal pada 21 Maret 2003 setelah menderita penyakit jantung dan paru-paru. Jenazahnya dikebumikan di Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Umar menjadi menjabat sebagai wapres sejak 1983 hingga 1988. Ia merupakan wapres pertama yang berasal dari Suku Sunda.

Pada Maret 1983, Umar mencapai puncak kariernya. Soeharto yang telah dipilih untuk masa jabatan keempat sebagai presiden berdasarkan MPR memilih Umar untuk menjadi wapresnya.

Ini dianggap menjadi pilihan yang tidak terduga, mengingat karier Umar dalam politik Indonesia tidak lebih memucat dibandingkan dua pendahulunya yakni Hamengku Buwono IX dan Adam Malik.

Karier Umar sebagai wapres berakhir pada Maret 1988 ketika digantikan Sudharmono. Banyak yang kecewa melihat dia tidak melanjutkan untuk masa jabatan kedua sebagai wapres.

Hal ini menjadi bukti reputasi yang baik bahwa Sudharmono ingin memastikan penerimaan Umar untuk tidak melanjutkan sebagai wapres pada periode selanjutnya.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini