Wisma Atlet Jadi Tempat Isolasi Pasien Corona, Wapres Ma'ruf Amin: Ada 1.800 Tempat Tidur

Sarah Hutagaol, Okezone · Rabu 18 Maret 2020 18:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 18 337 2185404 wisma-atlet-jadi-tempat-isolasi-pasien-corona-wapres-ma-ruf-amin-ada-1-800-tempat-tidur-pcziytpIGn.jpg Wakil Presiden Ma'ruf Amin (foto: Setwapres)

JAKARTA - Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin menyebutkan bahwa pemerintah akan bertindak cepat jika jumlah masyarakat di Indonesia yang dinyatakan positif corona atau Covid-19 terus bertambah.

Saat ini, pemerintah Indonesia tengah menyiapkan Wisma Atlet, Jakarta sebagai salah satu alternatif yang akan dijadikan tempat untuk isolasi pasien positif terpapar virus Corona atau Covid-19.

Baca Juga: Satu Pasien Positif Corona yang Meninggal di Malang Derita Komplikasi Penyakit 

Ilustrasi (foto: Shutterstock)

"Bahkan pemerintah juga sedang, sudah menyiapkan Wisma Atlet untuk mereka yang memang tidak bisa dirawat di rumah," ucap Ma'ruf dalam rekaman suara yang dikirimkan Setwapres, Rabu (18/3/2020).

Ma'ruf menjelaskan bahwa Wisma Atlet tersebut dijadikan alternatif jika 132 rumah sakit rujukan, rumah sakit swasta, BUMN, TNI/Polri sudah penuh, dan tidak bisa menampung pasien positif corona.

Oleh sebab itu, Ma'ruf Amin pun mengungkapkan bahwa di dalam Wisma Atlet tersebut nantinya akan disiapkan sebanyak 1.800 tempat tidur.

"Yang sekarang ini, sementara ini disiapkan untuk 1.800 tempat tidur," ungkapnya.

Baca Juga: China Siap Mulai Tahapan Produksi Massal Vaksin Covid-19 

Tak hanya disediakan ribuan tempat tidur, di dalam Wisma Atlet akan didukung dengan perlengkapan-perlengkapan medis, seperti alat-alat-alat medis, masker, dan lain sebagainya untuk mendukung perawatan pasien isolasi.

"Maka Pemerintah mengambil langkah cepat. Kalau memang memperbanyak produk dalam negeri, dan yang tidak bisa diproduksi dalam negeri, kita sudah melakukan langkah untuk mengimpor secepatnya, dan sekarang dalam proses pendatangan. Jadi semuanya seperti ya masker dan lain sebagainya," tutup Ma'ruf Amin.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini