Dewan Pers Apresiasi Media Peliput Covid-19, Kesehatan Jurnalis Tetap Diutamakan

Erha Aprili Ramadhoni, Okezone · Rabu 18 Maret 2020 13:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 18 337 2185204 dewan-pers-apresiasi-media-peliput-covid-19-kesehatan-jurnalis-tetap-diutamakan-XpISjPxcJt.JPG Ketua Dewan Pers, Mohammad Nuh. (Foto : Okezone.com/Fadel Prayoga)

JAKARTA – Ketua Dewan Pers Mohammad Nuh mengapresiasi jurnalis yang meliput pemberitaan mengenai virus corona (Covid-19). Ia mengatakan jurnalis tetap menjalankan tugas menyampaikan informasi kepada masyarakat di tengah pandemi virus corona.

Dalam video yang diunggah dalam laman YouTube Dewan Pers, Mohammad Nuh mengatakan, saat ini Indonesia mengalami ujian yang sungguh luar biasa. “Karena itu, dalam suasana seperti ini kebersamaan, bersatu untuk melawan Covid-19 menjadi kewajiban kita semua,” ujarnya seperti dikutip, Rabu (18/3/2020).

Ia mengatakan, kawan-kawan jurnalis untuk terus meliput memberikan informasi yang sedang berkembang di masyarakat mengenai Covid-19. Namun, ia mengingatkan, tetap menjunjung etika jurnalistik dan objektivitas lantaran itu menjadi bagian tak terpisahkan.

“Saya memberikan apresiasi yang sungguh luar biasa kepada kawan-kawan jurnalis. Meskipun suasananya sangat khusus, tetapi kawan-kawan jurnalis tetap menjalankan tugas sucinya yaitu memberikan informasi yang proper kepada masyarakat,” tuturnya.

Ilustrasi

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu berpesan agar jurnalis menjaga kesehatan agar tidak tertular Covid-19. Ia juga meminta agar prinsip dasar dalam peliputan virus corona harus diperhatikan, seperti alat pelindung diri (APD).

“Jangan sampai kita meliput Covid-19, tetapi sekali lagi justru ada kawan-kawan yang terpapar Covid-19,” katanya.

Sementara itu, Nuh berpesan kepada perusahaan pers agar tetap mengacu pada protokol-protokol penanganan Covid-19.


Baca Juga : Dewan Pers Minta Pemberitaan soal Virus Korona Tak Bikin Panik Masyarakat

“Kami dari Dewan Pers memberikan dukungan penuh agar kita dapat bersama-sama bersatu melawan Covid-19 sehingga Indonesia tetap tegak, teguh, dan semakin jaya. Selamat berjuang kawan-kawan jurnalis. Semoga kita semua mendapatkan perlindungan dari Allah Swt Yang Maha Kuasa,” tuturnya.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini