nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

BMKG Imbau 12 Provinsi Waspada Hujan Lebat Efek Rosbby Equator

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Rabu 18 Maret 2020 06:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 03 18 337 2185003 bmkg-imbau-12-provinsi-waspada-hujan-lebat-efek-rosbby-equator-zbekDRNzTS.jpg Ilustrasi cuaca ekstrem (Foto: Okezone)

JAKARTA - Peningkatan curah hujan diprediksi akan terjadi wilayah Indonesia bagian Barat disebabkan gelombang atmosfer (Rosbby Equator) di sebagian besar Sumatera, Selat Karimata dan Laut Jawa bagian utara. Selain itu, ada sirkulasi siklonik di perairan sebelah barat Sumatera. 

Pelaksana Tugas Deputi Bidang Meteorologi BMKG Widada Sulistya mengatakan, adanya Rosbby Equator dan sirkulasi siklonik menyebabkan terbentuknya daerah perlambatan dan pertemuan angin di sekitar wilayah Sumatera dan Jawa bagian Barat.

"Sehingga mendukung terjadinya pertumbuhan awan-awan hujan," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (18/3/2020).

Baca Juga: BMKG Imbau Masyarakat Antisipasi Cuaca Ekstrem Sebulan ke Depan

Ilustrasi Foto okezone

Adapun wilayah-wilayah yang berpotensi hujan lebat untuk periode 16-18 Maret 2020 antara lain Aceh, Sumatera Barat, Bengkulu, Lampung, Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat. Kemudian, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, hingga Maluku.

"Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin," ujarnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini